Pendaftaran Lomba Debat SPS antar SLTA Diperpanjang

622 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Cabang Riau memperpanjang masa pendaftaran Lomba Debat Membaca APBD antar SLTA/SMK/MA se Kota Pekanbaru hingga tanggal 11 Januari 2011. Perpanjangan masa pendaftaran ini dilakukan untuk menampung aspirasi beberapa sekolah yang masih ingin mengikuti kegiatan ini.


Menurut Ketua SPS Cabang Riau, H. Syafriadi, Kamis (6/1) hingga kemarin sudah 18 tim yang mendaftarkan diri ke panitia. “Kita masih membuka kesempatan bagi sekolah-sekolah yang ingin mengirimkan timnya dalam lomba debat ini. Beberapa sekolah yang kita hubungi mengaku baru mengetahui adanya event ini setelah liburan sekolah. Ini dapat kita maklumi mengingat surat undangan lomba memang kita kirimkan menjelang liburan sekolah lalu,” jelas Syafriadi.

Mengenai jadwal lomba, H Syafriadi mengatakan tidak ada perubahan dari jadwal yang sudah ditetapkan panitia, yakni tanggal 14 dan 15 Januari 2011 bertempat di aula Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru.

Dalam Lomba Debat ini, para peserta akan diuji pengetahuannya mengenai proses dan seluk beluk APBD. “Para peserta dituntut memiliki wawasan mengenai APBD dan mampu mempertahankan argumentasi mereka atas pertanyaan moderator dan dewan juri yang terdiri dari akademisi dan praktisi pemerintahan/legislatif,” ungkapnya.

Selain untuk mengajak siswa memahami mekanisme penyususunan APBD, kegiatan ini juga menjadi ajang peningkatan minat baca di kalangan pelajar. “Materi lomba ini hanya diperoleh peserta dari media massa, baik cetak dan elektronik. Dengan membiasakan mereka akrab dengan media massa, maka berarti kita juga mempersiapkan pembaca masa depan media massa di Riau,” harapnya.

Ajang lomba debat ini akan memperebutkan uang pembinaan, trophi dan sertifikat penghargaan bagi para pemenang. Selain itu lomba ini juga menjadi ajang pemanasan bagi para peserta untuk mengikuti lomba debat tingkat nasional yang setiap tahun diselenggarakan SPS Pusat.(ad/rls)

Posting Terkait