Pengrajin Riau Disiapkan Untuk Hadapi PON 2012

339 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemprov Riau melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Riau saat ini sedang mempersiapkan sejumlah pengrajin Riau agar dapat menghasilkan cendera mata yang berkualitas dan menarik saat pelaksanaan PON 2010 mendatang.

Saat ini sebanyak 75 orang pengrajin sudah dikirim ke Yogjakarta untuk menimba ilmu dari para pengrajin yang sudah berpengalaman di kota Gudeg tersebut. Diharapkan mereka bisa menimba ilmu di sana dan menerapkannya di daerah ini nantinya.

Kabid Industri Disperindag Riau, Edward Khalid dalam keterangannya di Pekanbaru mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan para pengrajin itu nantinya mampu membendung cenderamata dari luar Riau saat pelaksanaan PON nanti dengan cenderamata yang mereka hasilkan sendiri.

Dia menyebutkan, selama ini pengrajin Riau memang kurang bisa bersaing dengan pengrajin dari luar Riau. Buktinya saja pada Riau Ekspo 2009 lalu, sebagian konstum pakaian bercorak Riau sebagian besar didatangkan dari Jawa.

“Karena itulah kita berharap pada PON mendatang produk-produk kerajinan bisa berbicara di daerahnya sendiri. Jangan justru kerajinan-kerajinan dari luar Riau yang membanji9r even besar yang diadakan di daerah ini.(ad)

Posting Terkait