Penyandang Tuna Netra Minta Jalur Khusus ke KPU Riau

575 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Penyandang cacat mata atau para tuna netra provinsi Riau merasa tidak terakomodir 100% suaranya oleh KPU Riau dalam Pilgub 2008 ini. Pasalnya, dari sekitar 500 tunanetra yang ada di Pekanbaru saja, Pertuni Riau hanya memiliki 116 anggota. 

Dari jumlah 116 anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Riau itu, hanya 10%-nya yang terdaftar sebagai pemilih tetap di Pilgub Riau 2008 ini. Hal ini diungkapkan Ida Siti Syahadah yang menjabat Ketua Pertuni Riau kepada wartawan, Kamis (14/08) di kantor KPU Riau Pekanbaru.

Bahkan Ida sendiri menagku tidak tercatat sebagai pemilih di Pilgub Riau 2008 ini. Oleh karenanya, Pertuni Riau meminta jalur khusus kepada KPU Riau terkait dengan proses pemilih dari para Tuna Netra di Riau ini. Pertuni Riau sedikitnya mencatat baru 168 anggota Pertuni yang telah terdaftar di provinsi Riau.

“Kita memang menyadari ini bukan kesalahan petugas pendata di Riau. Karena penyandang cacat Tuna Netra di Riau kebanyakan Nomaden alias tidak menetap tempat tinggalnya. Namun jika mereka terdaftar di Pertuni pasti akan mudah mencatat sebagai pemilih nantinya,”ungkap Ida.(Surya)

Posting Terkait