Penyerahan Dokumen Aset Kepada Bupati Bengkalis

491 views

10

LUBUKMUDA (RiauInfo) – Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengatakan, secara ekonomis, atau hitung-hitungan dagang atau bisnis, pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di setiap kecamatan di daerah ini, seperti juga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bengkalis Unit Siak Kecil ini, jelas tidak menguntungkan.

“Namun, sebagai salah satu wujud tanggungjawab dan kewajiban pemenuhan jaminan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tidak pernah berpikir, bahkan tidak pernah terpikirkan untuk berpikir demikian”, tegasnya.

Herliyan mengatakan itu ketika memberikan sambutan saat peresmian PDAM Kabupaten Bengkalis Unit Siak Kecil di Tanjung Belit, Selasa (30/12/2014).

Alasan lain mengapa Pemkab Bengkalis tak pernah berpikir ekonomis dalam membangun IPA, katanya, karena air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia yang berdampak langsung kepada kesejahteraan fisik, sosial, dan ekonomi masyarakat.

“Selain itu, ketersediaannya dibutuhkan terus menerus untuk berbagai keperluan. “Bukan saja buat konsumsi rumah tangga, tetapi juga berbagai kebutuhan lainnya, termasuk keperluan masyarakat yang bernilai ekonomis”, jelasnya.

Artinya, dari sudut manapun menyiginya, ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat penting. Karena itu, sambung Herliyan, pembangunan infrastruktur penyediaan air bersih bagi masyarakat di daerah ini, dijadikan salah satu prioritas utama pembangunan dan jaminan pelayanan oleh Pemkab Bengkalis.

“Tujuan tentu untuk mempercepat terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini. Khususnya melalui pemenuhan kebutuhan air bersih”, papar Herliyan.

Peresmian PDAM Unit Siak Kecil di jalan Jalan Tayib Syahri Desa Tanjung Belit yang menghabiskan dana sekitar Rp 11 M dari APBN dan PBD Bengkalis itu, ditandai dengan penyerahan dokumen aset. Penyerahan yang pertama dilakukan Kepala Satuan Kerja Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum (Sakter PKPAM) Provinsi Riau Irwan Sipahutar kepada Herliyan.

Selanjutnya, dokumen yang baru diterimanya dari Sakter PKPAM itu langsung diteruskan Herliyan kepada PDAM Kabupaten Bengkalis sebagai operator pengelola. Dokumen tersebut diterima Direktur PDAM Kabupaten Bengkalis Nova Novianti.

Selain Sekretaris Daerah H Burhanuddin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum HM Nasir, dan Camat Siak Kecil H Alpi Mukhdor, turut hadir dalam peresmian dan penyerahan dokumen aset tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Mukhlis.

Posting Terkait