PERALIHAN MUSIM… Musim Kering Ancam Provinsi Riau

309 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau mulai mengalami kekurangan intensitas hujan. Cuaca cerah berawan dan temperatur tinggi telah mewarnai wilayah Riau dalam tiga hari terakhir. Keadaan itu dipicu oleh masa transisi musim hujan ke musim kering. Perubahan arah dan angin kencang merupakan gejala utama masa transisi musim tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMGK) Pekanbaru melaporkan, peralihan musim mulai terlihat dari gejala perubahan arah angin yang cenderung dari angin Baratan menjadi angin Timuran.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, musim basah dalam sebelan silam merupakan pengaruh dominan dari angin Baratan yang lembab. Sementara ini, pergerakan angin mulai berubah menjadi angin Timuran yang membawa hawa kering. Faktor utama tertekannya curah hujan dalam tiga hari terakhir adalah hembusan angin yang kuat telah memecah konsentrasi awan di Riau.

“Jadi logisnya, karena angin kencang yang berada di udara Riau saat ini telah memecah terbentuknya awan. Sehingga peluang hujanpun kian menipis karen tidak ada awan. Data hari ini didapat peluang hujan sangat kecil sekali di Riau. Jika ada, mungkin hanya bersifat ringan, lokal dan dalam jangka waktu yang relatif singkat saja,”terang Ardhitama kepada RiauInfo, Selasa (21/04/2009) di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait