Peran Pers Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

631 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Besarnya kerugian akibat kebakaran hutan dan lahan serta bencana asap oleh kebakaran hutan, mesti dilakukan berbagai cara untuk menaggulanginya. Salah satunya meningkatkan peran pers menginformasikan segala penyebab dan langkah-langkah yang mesti dilakukan agar penanggulangan kebakaran lahan dan hutan serta bencana asap dapat diatasi.

Gubernur Riau dalam sambutan tertulisnya melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, Setdaprov Riau, HR Marjohan Jusuf, mengatakan hal tersebut, Kamis (26/7), saat acara Forum Dialog Meningkatkan Peran Pers dan Media Massa dalam Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan serta Penanggulangan Bencana Asap, di Hotel Grand Jatra Pekanbaru.

Lebih lanjut Gubri menyatakan, kegiatan Forum Dialog dengan tema “Pers dan Media Massa dalam Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan serta Penanggulangan Bencana Asap” adalah suatu bentuk kepedulian kita bersama terhadap upaya suatu bencana yang hampir terjadi rutin setiap tahun yakni kebakaran hutan dan lahan serta akibatnya yaitu bencana asap.

Mudah-mudahan dengan pertemuan ini dapat memberikan informasi serta pemahaman kepada kita semua, tentang pentingnya kita berupaya untuk menanggulangi masalah itu, terutama dengan menginformasikan secara luas melalui peran media, sehingga pengendalian kebakaran hutan dan lahan serta penanggulangan bencana asap dapat diantisipasi lebih dini, tambah Gubri.

Sementara itu, Dirjen Sarana Komunikasi Dan Diseminasi Informasi Depkominfo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf ahli Depkominfo Lalu Rusmiadi,SH,MM mengatakan, pers memang bukan merupakan aspek utama yang dapat mencegah dampak kebakaran lahan dan hutan. Tentu masih banyak aspek lain yang menentukan dan memerlukan perhatian kita bersama. Namun sesuai dengan keberadaan forum ini, kita perlu mengingatkan pers dan media massa agar meningkatkan fungsi sosialnya.

Terutama dalam menghadapi persoalan yang dihadapi masyarakat yaitu kebakaran hutan dan lahan serta bencana asap, tambah Dirjen. Forum dialog ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Departemen Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Badan Informasi Komunikasi dan Kesatuan Bangsa Provinsi Riau. Peserta Forum Dialog diikuti dari seluruh Unsur Media cetak dan Elektronik serta Instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, berlangsung selama satu hari. Hadir sebagai narasumber di forum dialog ini perwakilan Departemen Kehutanan, Bakornas Penanggulangan Bencana, SKH Riau Pos dan Institut Studi Arus Informasi.(Surya)

 

Posting Terkait