Perbankan Riau Tumbuh 20% Setahun

143 views

PEKANBARU (RiauInfo)-Pertumbuhan perbankan Riau skala nasional menempati peringkat tiga besar di ndonesia. Sedang di Sumatera, Riau menempati peringkat teratas di banding Provinsi lain di pulau Andalas ini.

Kondisi tersebut, menyatakan perekonomian Riau kian menunjukkan pertumbuhan pesat serta punya prospek cerah ke depannya. Pertumbuhan perbankan di Riau telah mencapai 20% per tahun.

“Dengan porsentase pertumbuhan asset perbankkan Riau dari tahun ke tahun terus meningkat, pada lima tahun belakangan Riau tertinggi di Sumatera. Sedang pertumbuhan perbankan di Riau secara nasional adalah peringkat tiga, setelah Jakarta dan Jawa Timur,” kata Pimpinan Bank Indonesia (BI) Pekanbaru , Gatot Sugiono melalui wakilnya, M.Nur kepada wartawan, Senin (1/10) di Pekanbaru.

Menurut Gatot, tercatat sebanyak 34 bank umum dan 2 bank asing yang telah beroperasi di Riau. Ditambah lagi keberadaan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang beroperasi sebanyak 20 buah dan tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau.

Sedang asset dana pihak ketiga di seluruh bank tersebut terdata mencapai Rp 28 triliun. “Dana pihak ketiga ini Rp 8 triliun-nya adalah dana dari Pemerintahan kabupaten/kota se Riau dan Provinsi,” tegas Gatot.(Surya)

 

Posting Terkait