Peringati Hari Pangan, Digelar Lomba Kreasi Tumpeng

290 views

Kreasi TumpengPEKANBARU (RiauInfo) – Memperingati hari pangan sedunia yang jatuh pada 16 Oktober, PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), melalui Program Pusat Pembinaan Usahawan Mitra Chevron (PUC) gelar lomba kreasi tumpeng di Pondok Oleh-Oleh Duri.

Kegiatan yang ditaja pada 24 Oktober 2015 lalu diikuti lebih 11 kelompok dimana satu kelompok berjumlah 2 orang. Peserta lomba umumnya tinggal di sekitar operasional perusahaan khususnya Kecamatan Mandau & Pinggir.

Lomba kreasi tumpeng bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas serta inovasi masyarakat dengan menggunakan bahan pangan lokal. Selain lomba, kegiatan juga di meriahkan dengan yel-yel antar kelompok, menyumbang lagu dan penjelasan filosofi tumpeng oleh anggota dewan juri.

Anggota dewan juri terdiri dari Winda Damelia (perwakilan CPI) dan praktisi di bidang kuliner seperti: Dyah Novi (Usahawan mitra Chevron, pemilik Toko Kue Dapur Bunda) dan Ibu Angkut (Usahawan mitra Chevron, pemilik krupuk ikan gabus dengan merek “Yuk Angkut”).

Poin-poin yang menjadi penilaian dewan juri diantaranya rasa makanan, kreatifitas mengolah isi tumpeng, presentasi akhir tumpeng, kebersihan dan kekompakan. Setelah melihat dan mencicip masing-masing tumpeng, terpilih 3 pemenang dengan juara pertama dari Kelurahan Air Jamban yaitu: Eryenevi dan Dewi, juara kedua dari Desa Harapan Baru Junaida dan Nelia dan juara ketiga dari Desa Balai Makam Yu Nani dan Nina.

Salah satu pemenang pertama lomba tumpeng, Eryenevi, mengaku sangat senang dengan adanya lomba kreasi tumpeng. Persiapan matang dalam mengikuti lomba mengantarkan timnya menjadi juara pertama. “Senang sekali menang dan menjadi juara pertama, rasanya terobati capeknya,” kata Nevi. Ia pun berharap agar PUC tetap mengadakan lomba-lomba sehingga kami menjadi tambah pengalaman dan tambah semangat dalam berusaha.

PUC merupakan salah satu program investasi sosial CPI dalam bidang pemberdayaan ekonomi yang bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan potensi lokal. Untuk mendorong pengembangan program PUC, CPI juga memfasilitasi pembukaan toko Pondok oleh-oleh di Duri.

Toko serupa juga akan dibuka di Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini merupakan perwujudan komitmen CPI untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat melalui tiga pilar utama yaitu kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat tempatan.(ad)

Posting Terkait