PERLU PARTISIPASI MASYARAKAT… DME Tanggulangi Krisis Energi

352 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kementerian Koordinator Bidang perekonomian RI menggelar rapat koordinasi regional Desa Mandiri wilayah Barat Indoneisa. Program Desa Mandiri Energi (DME) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pengembangan penyediaan energi terbarukan.

Keberadaan DME diharap akan menjadi solusi krisis energi nasional, seperti listrik saat ini. Dengan pengolahan dan pemanfaatan energi tersebut, diharapkan mampu menciptakan diversifikasi energi di pedesaan yang berbasis sumber daya energi lokal terbarukan, sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah pedesaan.

Deputi II Menteri Koordinator Perekonomian Dr Bayu Krisnamurthi MS mengatakan hal tersebut pada acara Rapat Koordinasi Regional Desa Mandiri Energi Wilayah Barat Indonesia, Selasa (2/6/2009) ini di Pekanbaru.

Menurut Bayu, program DME merupakan program lintas sektoral yang melibatkan beberapa instansi pusat serta pemerintah daerah, baik provinsi, maupun kabupaten/kota. Kesuksesan implementasi sangat tergantung pada koordinasi yang baik antara instansi terkait dan pemerintah daerah serta dukungan dan partisipasi dari masyarakat desa.

Lanjutnya, pada tahun 2010, diharapkan inisiator utama implementasi program akan dilakukan oleh pemerintah daerah dengan didampingi oleh instansi pusat terkait.(Surya)

Posting Terkait