PERMUDAH IZIN, CAPAI TARGET 7,81 PERSEN Badan Pelayanan Terpadu Satu Atap Permudah Investasi 18 Nov 2013 23:03 wib

529 views

Sekretaris Daerah Pemerintahan Provinsi Riau, Zaini ismail optimistis Provinsi Riau mencapai target pertumbuhan ekonomi 2013 yang dipatok 7,81 persen. Dasar untuk mencapai target tersebut dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan perizinan.

Riau optimistis mencapai target pertumbuhan ekonami sebesar 7,81 persen merujuk atas keberhasilan pencapaian target tahun 2011 dan 2012 yang terus meningkat dari 7,63 persen menjadi 7,76 persen ” kata Zaini Ismail, belum lama ini.

Dalam menjawab pandangan umum fraksi DPRD Provinsi Riau atas nota keuangan Ranperda APBD Perusahaan 2013, Zaini mewakili Gubernur Riau, mengatakan pertumbuhan ekonomi itu sejalan dengan target peningkatan investasi dalam negeri dan luar negeri.

Untuk 2013, tutur mantan Kepala Biro Kesra ini peningkatan investasi luar dan dalam negeri sudah mencapai Rp.59,724 miliar. Sebab, itu target tersebut diyakini akan tercapai apalagi Provinsi Riau sampai kini merupakan daerah dengan tingkat investasi PMDN secara nasional dan berada pada posisi ketujuh.

Sementara itu untuk investasi Penanaman Modal Asing (PMA) secara nasional berada pada posisi keenam. Guna meningkatkan investasi tersebut, masih harus didukung antara lain dengan penyiapan kawasan industri, infrastruktur dasar, infrastruktur pelabuhan dan memberikan kemudahan dalam pelayanan perizinan.

Berkaitan dengan infrastruktur pelabuhan, Pemerintah Provinsi Riau bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota meningkatkan fungsionalisasi transportasi ASDP seperti Ro-Ro Dumai-pulau Rupat dan Ro-Ro Buton, Selat Panjang (Kabupaten Meranti).

Upaya ini dilakukan untuk lebih meningkatkan aksesibilitas serta mobilitas pergerakan orang, barang, dan jasa. Pemprov juga memproritaskan pembangunan pelabuhan rakyat terintegrasi dengan transportasi darat guna penyamarataan akses bagi percepatan pembangunan ekonomi daerah dan masyarakat. (Adv)

Posting Terkait