Persiapan MTQ Kabupaten Bengkalis Sudah 90 Persen

202 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Ketua Pelaksana Harian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bengkalis ke-XXXI tahun 2007, Amril Mukhminin mengatakan, saat ini persiapan untuk kegiatan tersebut sudah hampir 90 persen. Menurutnya rencana, kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Pinggir tersebut akan dimulai 24 Maret mendatang. 

”Segala persiapan untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis, sampai sekarang seluruhnya sudah hampir rampung dikerjakan. Begitu juga berbagai sarana penunjang lainnya,” terang anggota DPRD Bengkalis dari Fraksi Partai Golongan Karya ini, Selasa (13/3).

Ditambahkan anggota legislatif asal daerah pemilihan Kecamatan Pinggir ini, sejumlah bangunan tempat pelaksanaan MTQ yang dipusatkan di depan kompleks kantor Camat Pinggir itu, pengerjaannya saat ini dalam tahap finalisasi pengerjaan. Diantaranya, mimbar, anjungan maupun podium tempat para qori dan qoriah bertanding dalam musabaqah nantinya.

‘’Segala sesuatu tentang persiapan MTQ sudah hampir final, sekarang tinggal pengerjaan tahap akhir, termasuk kesiapan dari warga masyarakat sendiri yang cukup antusias. Pembangunan mimbar, podium serta tempat acara pembukaan maupun penutupan juga sudah hampir rampung dikerjakan,dan diharapkan tiga hari menjelang pembukaan, sudah rampung semua,” imbuh Amril seraya mengatakan kesiapan ini tidak terlepas dari dukungan Pemkab Bengkalis, Upika Pinggir serta unsur masyarakat sendiri yang sangat antusias untuk menyukseskan helat tersebut.

Mengenai jadwal pelaksanaan MTQ, Amril menyebutkan, sesuai schedule dari pihak kabupaten, MTQ akan dilaksanakan dari tanggal 24 sampai 30 Maret 2007 ini. Jumlah peserta diperkirakan mencapai 150 Qori dan Qoriah yang berasal dari 13 kecamatan di seluruh kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Adapun nomor pertandingan yang akan diperlombakan, menurut Amril lagi, ada sembilan nomor mulai dari tingkat anak-anak sampai tingkat dewasa untuk putra-putri dan para peserta direncanakan akan diinapkan di rumah-rumah warga,seperti di Desa Pinggir, Muarabasung dan desa terdekat lainnya.

Kemudian, Amril juga mengungkapkan, pembukaan MTQ nanti direncanakan bakal dibuka secara resmi Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Ketika dikonfirmasi, Kabag Humas Pemkab Bengkalis Johansyah Syafri membenarkan hal itu. Sesuai harapan masyarakat, khususnya warga Kecamatan Pinggir, mereka meminta agar kegiatan MTQ tersebut dapat dibuka Gubri. Menurut Johan, keinginan dan harapan masyarakat Kecamatan Pinggir itu, beberapa waktu lalu sudah disampaikan Bupati Bengkalis H Syamsurizal.

”Pada prinsipnya, Gubri sudah menyatakan kesediaannya. Namun sejauh ini kita belum mendapat jawaban pasti. Mudah-mudahan pada saat pembukaan MTQ nantinya, Gubri tidak memiliki agenda lain, sehingga dapat membuka secara resmi MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2007 di Kecamatan Pinggir pada 24 Maret mendatang,” terang Johan.

 

Posting Terkait