Pertengahan Februari, Seleksi Darmasiswa Chevron Riau Dimulai

503 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tahun ini program Darmasiswa Chevron Riau (DCR) genap satu dasawarsa. Beasiswa DCR yang ditujukan bagi siswa-siswi kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA/SMK/MAN) untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, merupakan salah satu program andalan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) di bidang pendidikan.

Program ini telah dinikmati lebih dari 550 putra-putri Riau. Jumlah peserta DCR berkembang sesuai dinamika Provinsi Riau. Lahirnya Kabupaten Kepulauan Meranti membuat jumlah calon penerima beasiswa DCR tahun ini bertambah dari 55 orang menjadi 60 orang.

Manager Policy, Government and Public Affairs Sumatra Djati Sussetya mengungkapkan satu dasawarsa DCR memberikan sinyal bagi kita bahwa program ini memang penting dan perlu. Penting karena DCR merupakan hasil kerjasama yang sinergis dengan pihak Departemen Pendidikan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan perlu karena ditunggu-tunggu oleh pelajar SLTA di seluruh penjuru Riau.

Lebih jauh lagi Ketua Panitia Pelaksana DCR 2010 Teguh Soelastyo menerangkan bahwa menurut rencana, pertengahan Februari 2010 proses seleksi di masing-masing Kabupaten/Kota telah dimulai.

”Wewenang penuh untuk menyeleksi calon penerima DCR ada pada Dinas Pendidikan di masing-masing Kabupaten/Kota dan diharapkan dapat menyertakan seluruh SLTA yang ada di wilayahnya,” ungkapnya.

Nama-nama calon penerima beasiswa ini akan diumumkan di media cetak awal Maret 2010. Pada Minggu kedua Maret 2010 di CPI Rumbai akan dilakukan seleksi akhir berupa tes tertulis dan wawancara untuk menentukan susunan peringkat DCR 2010.”

Penerima beasiswa DCR terbagi pada 4 peringkat. Peringkat pertama (tiga orang) akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 13.000.000/tahun ditambah satu unit komputer dan sebuah printer; peringkat kedua (lima orang) mendapat beasiswa Rp. 10.000.000/tahun ditambah satu unit komputer; peringkat ketiga (tujuh orang) mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 8,000,000/tahun dan peringkat keempat (45 orang) mendapat beasiswa Rp. 5,000,000/tahun.

Para penerima DCR ke-10 ini akan menerima bantuan biaya pendidikan selama empat tahun penuh selama memenuhi ketentuan, antara lain harus mendapat IPK rata-rata minimal 2,75 (skala 4) untuk setiap tahun akademik. Selain itu nantinya mereka masing-masing juga mendapatkan bantuan biaya wisuda sebesar Rp. 750.000,- .

Berdasarkan data hasil pantauan tim DCR CPI, mahasiswa asal Riau yang tergabung dalam program DCR menunjukkan prestasi yang membanggakan. Sebagian dari mereka telah menyelesaikan studinya di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dan berkarier di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, termasuk di PT. Chevron Pacific Indonesia. Diharapkan melalui program beasiswa ini para alumni DCR dapat berperan membangun Bumi Lancang Kuning tercinta.(ad)

Posting Terkait