Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dinilai Lambat

279 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah terjadinya krisis ekonomi tahun 1998. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah kembali menunjukkan pertumbuhan yang positif. Tapi sayang, hingga saat ini rata-rata pertumbuhan ekonomi pertahun masih dinilainya sangat lambat. Hal ini dibandingkan negara-negara tetangga (Korea Selatan dan Thailand). 

“Memang saya akui pertumbuhan ekonomi Indonesia rendah dibandingkan masa pemerintahan orde baru (1980-1990). Salah satu penyebabnya adalah masih belum intesifnya kegiatan investasi. Terutama dalam bentuk penanam modal asing,” ungkapkan Ketua Umum Kadin Provinsi Riau IR H Arsyadjuliandi Rachman, MBA pada acara Pertemuan Konsultasi Kawasan Ekonomi di Provinsi Riau di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Rabu (30/5).

Menurut Kadin, banyak sekali faktor-faktor yang sebagian besar saling terkait satu sama lainnya dengan pola yang sangat kompleks sehingga menjadi penyebab pemulihan investasi di Indonesia saat ini. Mulai dari masalah keamanan, tidak adanya kepastian hukum dan kondisi infrastruktur yang kurang mendukung. Dengan kata lain, permasalahan iklim investasi sangat kompleks.

“Bagaimanapun bagusnya suatu kebijakan investasi, efektifitas dari kebijakan tersebut akan tergantung pada faktor lain diluar wilayah kebijakan investasi. Karena faktor tersebut sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan investasi atau membuka usaha baru di Indonesia. Saya harapkan hal ini harus kita pahami kedepannya,” tandasnya. (dowi)

 

Posting Terkait