Pertumbuhan Ekonomi Riau Diprediksi Naik 6 Persen

351 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pertumbuhan ekonomi Riau tahun ini diprediksi akan naik sebesar 6 persen dibandingkan tahun lalu. Angka pertumbuhan ekonomi itu tergolong tinggi karena berada di atas rata-rata target nasional.

Hal itu dikatakan Mantan Kepala Badan Pusat Statistik Riau, Irlan Indrocahyo di Pekanbaru. Irlan yang kini dipromosikan menjabat Kepala BPS Jawa Timur ini menyebutkan ekonomi Riau terus mengalami pertumbuban karena berjalan baiknya tiga variabel penentu.

Ketiga variabel penentu tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut adalah konsumsi, investasi dan ekspor. Sampai saat ini komoditi ekspor dari Riau seperti CPO, pulp, paper serta turunannya masih menjadi kekuatan dalam perdagangan domestik di Riau.

“Ini baru dari sisi ekspor non Migas saja, belum termasuk sekspor Migas yang masih menjadi primadona Riau,” ungkapnya. Sedangkan dari segi konsumsi rumah tangga dn konsumsi pemerintah juga mengalami peningkatan seriring engan membaiknya ekonomi.

Begitu pula halnya dengan investasi, terus mengalir masuk ke Riau akhir-akhir ini dan membuka peluang bagi sektor-sektor untuk tumbuh dan semakin terbuka. “Makanya tidak heran jika pertumbuhan ekonomi Riau bisa berada di atas rata-rata nasional,” tambahnya.(ad)

 

Posting Terkait