PERUBAHAN CUACA.. Angin Kencang Berpeluang di Riau Tengah dan Selatan

551 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Angin kencang masih berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Riau, Kamis (12/03/2009) malam ini. Keadaan itu menyusul temperatur tinggi maksimum mencapai 33 Derjat Celsius siang hari serta peluang hujan pada malam ini di sejumlah wilayah Riau.

Angin kencang sering muncul akibat pertemuan hawa hujan dengan hawa panas yang meningkatkan tekanan udara. Meski sulit diprediksi, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru memperkirakan kecepatan angin akan meningkat di wilayah Riau yang berpotensi hujan malam ini.

Wilayah yang berpotensi hujan yakni Riau bagian Selatan dan sebagain Riau bagian Barat. Staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, umumnya angin kencang terjadi secara spontan dalan waktu yang singkat. Keadaan itu karena sifat angin yang sangat dinamis dan muncul akibat pertemuan dua kutub hawa udara yang berbeda.

“Kita tidak bisa memprediksi dimana posisi angin kencang. Umumnya angin akan meningkat kecepatannya pada wilayah yang berpeluang hujan. Biasanya angin akan muncul sebelum dan beserta hujan,”ungkap Marzuki menjawab RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait