“Petang Megang” Tahun Ini Bakal Lebih Meriah

565 views

news2306PEKANBARU (RiauInfo) – Tradisi ritual tahunan menyambut bulan puasa “Petang Megang” yang akan digelar Pemko Pekanbaru dipastikan bakal meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab berkaitan dengan tradisi ini digelar pula rangkaian acara lainnya, diantaranya ziarah ke makam pendidi kota Pekanbaru, lomba menangkap itik, dan mandi belimau bersama sebagai acara puncaknya.

Keterangan yang dihimpun RiauInfo, Sabtu (8/9) diketahui saat ini panitia Petang Megang sudah mendapatkan kepastian bahwa kegiatan ini juga akan dihadiri Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Mulanya acara ini diawali dengan Sholat Ashar berjemaan di Mesjid Raya Pekanbaru, kemudian dilanjutkan dengan berziarah ke makam pendidi Kota Pekanbaru.

Selesai berziarah, rombongan berjalan kaki sejauh lebih kurang 1,6 km dengan diiringi musik kompang menuju Sungai Siak, tepatnya di bawah Jembatan Siak I. Disini rombongan menyaksikan perlombaan menangkap itik yang memperebutkan piala Gubernur Riau dan piala Walikota Pekanbaru.

Selesai perlombaan itu, acara puncak mandi belimau dilakukan. Gubernur Riau HM Rusli Zainal dan Walikota Pekanbaru akan menyempatkan diri menyirami air ke tubuh beberapa warga. Wargapun menyambutnya dengan mensucikan tubuh dengan sabun dan ramuan-ramuan yang biasa digunakan dalam mandi belimau.

Kepla Dinas Kebudayaan, Kesenian dan Pariwisata Pekanbaru, Raisnur mengatakan seluruh kegiatan Petang Megang itu akan digelar pada 12 September mendatang. Pihakinya telah menjadikan acara ini sebagai kalender wisata untuk Kota Pekanbaru.(Ad)

Posting Terkait