Petani Pekanbaru Mampu Penuhi Kebutuhan Sayur Lokal

339 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Meski kota Pekanbaru bukanlah daerah agraris, namun ternyata kini petani yang ada di kota ini telah mampu menghasilkan sayur-sayuran untuk kebutuhan masyarakat Pekanbaru. Sayur-sayuran itu antara lain jenis kangkung, bayam, daun singkong, kacang panjang dan buncis.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT dalam keterangannya Sabtu (21/12) di Pekanbaru mengatakan saat ini ada beberapa kawasan di kota Pekanbaru telah menjadi sentra produksi sayur-sayuran, seperti Tenayan Raya, Marpoyan Damai, Rumbai, dan Tampan.

Sayur-sayuran yang dihasilkan masyarakat setempat sudah lumayan besar produksinya sehingga mampu memenuhi kebutuhan sayur-sayuran masyarakat Pekanbaru. “Bahkan sudah ada yang secara kontinue diekspor ke negara tetangga Malaysia dan Singapura,” ungkapnya.

Firdaus menyebutkan, pihaknya sangat mendukung upaya para petani di Pekanbaru yang memanfaatkan lahan yang ada untuk dijadikan sebagai lahan bertani sayur-sayuran. Dengan demikian kebutuhan sayur-sayuran di kota Pekanbaru tidak perlu lagi harus didatangkan dari luar.

Karena itu, Pemko Pekanbaru terus menunjukan perhatian serius terhadap mereka, diantaranya melalui pembinaan-pembinaan, pendampingan serta fasilitas yang terus diberikan kepada mereka. “Dengan adanya perhatian ini, diharapkan mereka semakin terpacu untuk mengembangkan usahanya itu,” ungkap dia.

Disebutkannya, dengan adanya usaha pertanian sayur-mayur ini, selain akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga akan membuat wajah kota Pekanbaru menjadi lebih hijau, nyaman dan lebih asri. Sebab banyak lahan-lahan tidur yang telah ditanami sayur-sayuran.(ad)

Posting Terkait