PI ISEI Gelar Kegiatan Pemeriksaan Kanker Leher Rahim Gratis

261 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama perempuan, Pengurus Persatuan Istri Ikatakan Sarjana Ekonomi Indonesia (PI ISEI) Cabang Pekanbaru menggelar kegiatan pemeriksaan kanker leher rahim gratis di RS Lancang Kuning, Pekanbaru. 

Kegiatan ini digelar mengingat masih banyaknya kalangan perempuan di kota ini punya kesadaran sendiri untuk memeriksakan diri berkaitan dengan kanker leher rahim itu. Padahal penyakit tersebut sangat rawan mengancam kaum wanita di mana saja.

Wakil Ketua PI ISEI Cabang Pekanbaru Hj Rosita Anwar kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan pemeriksaan kanker leher rahim ini merupakan upaya untuk mengetahui lebih dini terhadap ancaman penyakit yang mematikan tersebut.

Makanya PI ISEI merasa terpanggil untuk lebih peduli terhadap ancaman tersebut sehingga digelar kegiatan pemeriksaan gratis semacam ini. “Sasaran kita adalah masyarakat yang kurang mampu, terutama mereka yang merupakan golongan ekonomi lemah. Ini kita laksanakan secara gratis,” tambahnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 30 April 2007 lalu hingga 3 Mei 2007 hari ini, yakni selama empat hari. Ditargetkan peserta yang memeriksakan diri untuk kegiatan ini mencapai 100 orang dan mereka sudah terdaftar dalam kegiatan ini.

Ditanyakan tentang kegiatan pemeriksaan laher rahim yang menjadi agenda PI ISEI, menurutnya karena hal ini masih jarang dilakukan kaum perempuan. Padahal, banyak kasus kematian perempuan terjadi karena kanker leher rahim.

Jika tak diperiksa, maka kanker leher rahim biasanya baru diketahui setelah terjangkit penyakit ini hingga stadium tiga bahkan stadium empat. Pasalnya, pada stadium satu atau dua, penyakit kanker leher rahim ini tak diketahui karena tak ada keluhan.

Banyak penyakit yang terjadi dari kanker leher rahim ini misalnya kista atau mioma. Sedangkan pemicunya antara lain adalah obat, toksin, kebersihan dan hubungan badan yang tidak sehat. Untuk itu, masyarakat khususnya kaum perempuan hendaknya mengetahui secara lebih baik dan peran PI ISEI ada di sana.(Ad)

 

Posting Terkait