Plaza Bangkinang Akan Segera Di Bangun Dalam Waktu Dekat

676 views

BANGKINANG (RiauInfo) – Pasar Inpres Bangkinang berganti nama menjadi Plaza Bangkinang, penetapan nama ini disepakati bersama saat mengadakan rapat koordinasi antara Pemkab, Developer, dan Asosiasi pedagang yang ada di Bangkinang. Dalam rapat yang beragendakan percepatan pembangunan Plaza Bangkinang yang diadakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kampar di Jalan Syech Burhanuddin, Kamis (13/01/2011).

Bupati Kampar dalam rapat tersebut menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan penting untuk percepatan pembangunan plaza tersebut. Diantaranya, masalah harga kios.” Saya minta kepada tim untuk memberikan penjelasan yang lebih konkret kepada para pedagang tentang masalah harga kios ini. Lebih konkret maksudnya disini adalah kepada Dinas terkait agar memberikan perbandingan harga dengan pasar sejenis yang ditangani oleh Developer yang sama yang ada di tempat lain, seperti Pasar Sukaramai
Pekanbaru, Pasar Kodim, Ramayana Kerinci, bila dibandingkan dengan pasar-pasar diatas, Plaza Bangkinang memberikan harga yang lebih murah,” ujar Bupati Kampar.

Ditegaskan Bupati, dirinya minta untuk pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) dapat dimulai pada Minggu ke Tiga pada bulan Januari tahun 2011 ini.” Hal ini sekaligus sebagai langkah kita untuk mengetahui sejauhmana reaksi atau tanggapan masyarakat terhadap pembanguan pasar tersebut, yang akan menjadi acuan untuk menentukan langkah selanjutnya,” papar Burhanuddin.

Ditambahkan Burhanuddin, Pemerintah Daerah telah memberikan banyak keringanan untuk para pedagang, terutama bagi yang berkenaan dengan harga kios yang lebih murah bila dibandingkan dengan pasar modern lainnya. Pemerintah telah mengakomodir kredit melalui dana bergulir Bank Sarimadu yang memberikan suku bunga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan bank-bank lain yaitu berkisar 6%.

” untuk lebih dapat mengakomodir semua kebutuhan dan keinginan pihak-pihak terkait terutama pedagang, saya minta kepada tim untuk mengadakan sosialisasi yang lebih intensif dan mengadakan pertemuan dengan pihak developer dan pedagang untuk membahas segala kemajuan dan persoalan, selain itu sosialisasi intensif akan lebih melancarkan proses peremajaan pasar tradisional bangkinang tersebut,” pesan Burahanuddin husin.

Pada kesempatan yang sama pihak developer pembangunan Plaza Bangkinang Surianto mengatakan, Plaza Bangkinang ini nantinya bangunan yang akan sebanyak 1200 unit kios untuk menampung 876 pedagang kaki lima. Dengan konsep pasar kering untuk pedagang pakaian dan lainnya dan pasar basah yang berbentuk los untuk pedagang ikan dan sayur.

” Saya menanggapi berbagai penyataan Bupati Kampar diatas yang memberikan berbagai keringanan kepada pihak develover sehingga pihak developer dapat memberikan harga kios yang lebih murah dibandingkan dengan pasar modern lainnya yang mereka bangun telah bangun,” papar Menejer Sutrianto.(arief)

Posting Terkait