POTENSI HUJAN RELATIF MENURUN… Karhutla Menyala di Pelalawan dan Siak

538 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terdapat di 2 daerah provinsi Riau, Rabu (26/11) ini. Kondisi itu masih dipengaruhi cuaca cerah berawan dan temperatur maksimum mencapai 34 Derjat Celsius di provinsi Riau hari ini. 

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, satelit NOAA 18 menangkap titik api menyala di wilayah kabupaten Pelalawan dan kabupaten Siak masing-msing satu titik. Sehingga jumlah Karhutla hanya dua titik di Riau hari ini.

Selain Riau, wilayah provinsi lain yang mengalami Karhutla di Sumatera adalah provinsi Jambi dengan 1 titik api. Sehingga jumlah Karhutla untuk Pulau Sumatera juga menurun hanya 3 titik hari ini. BMG Stasiun Pekanbaru juga mendapatkan gejala hujan masih menipis di wilayah Riau. BMG memperkirakan hujan ringan akan berpeluang di Riau Bagian Tengah dan sebagian wilayah Riau bagian Peisir.

Menurut BMG, hujan ringan berpeluang di wilayah Riau tengah seperti kota Pekanbaru, wilayah Kampar dan sebagian Siak. Sedangkan wilayah pesisir meliputi daerah Rohil, Dumai dan Bengkalis. Peluang angin kencang dan guntur juga masih berpotensi bagi sejumlah wilayah yang berpeluang hujan tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait