Program Darmasiswa Chevron Riau Kembali Digelar

2428 views
Erica Chandra dari Dumai dan M Rafi Syahputra dari Meranti dinobatkan sebagai juara utama dalam program Darmasiswa Chevron Riau (DCR) yang hadiahnya diberikan langsung oleh President Director PT Chevron Pacific Indonesia Albert Simanjuntak.

Erica Chandra dari Dumai dan M Rafi Syahputra dari Meranti dinobatkan sebagai juara utama dalam program Darmasiswa Chevron Riau (DCR) yang hadiahnya diberikan langsung oleh President Director PT Chevron Pacific Indonesia Albert Simanjuntak.

PEKANBARU (RiauInfo) – PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) kembali membuka peluang siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas XII dari 12 kabupaten/kota di Riau untuk mendapatkan Darmasiswa Chevron Riau (DCR). Tahun ini Chevron akan memberikan bantuan dana pendidikan kepada seratus siswa siswi terbaik di Riau. Sejak di mulai pada tahun 2001, DCR sampai saat ini telah merangkul 846 anak bangsa.

“Lebih dari 500 penerima darmasiswa telah lulus dari perguruan tinggi dan memberikan kontribusi nyata bagi daerah dan bangsa. Di antara mereka ada yang bekerja sebagai dokter, pegawai negeri, pembawa acara di stasiun televisi, dan lain-lain,” kata Deswandi Muzwar Manager Policy Government Public Affairs Specific Area.

Darmasiswa Chevron Riau (DCR) merupakan salah satu komitmen Chevron dalam menanam investasi masa depan Indonesia melalui bidang pendidikan, dengan memberikan kesempatan kepada putra-putri Riau yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi (S1). Sejak tahun 2001, komitmen tersebut terus dijalankan secara konsisten hingga memasuki tahun 2015 saat ini.

“Moment Asean Economic Community (AEC)/Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang jatuh pada tahun 2015 juga menjadi salah satu motivasi Chevron untuk terus konsisten dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Riau, agar dapat berkompetisi di dunia internasional,” lanjut Deswandi.

Program Non Cost Recovery ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas XII (kelas tiga) dari dua belas Kabupaten/Kota di Riau yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Sebanyak seratus penerima bantuan beasiswa akan mendapatkan bantuan dana pendidikan S1 selama empat tahun. Penerima tersebut akan diklasifikasikan ke dalam empat peringkat; peringkat I sebanyak dua siswa, peringkat II tiga siswa, peringkat III lima siswa, dan sisanya masuk ke dalam peringkat IV.

Proses seleksi awal dilaksanakan oleh guru dan kepala sekolah masing-masing bagi siswa siswi kelas XII, juara umum peringkat 1-3. Selanjutnya pada 12-23 Januari 2015, kepala sekolah mendaftarkan calon peserta DCR secara online ke website http://www.dcr.pcr.ac.id/ atau dikirim melalui pos ke UPT PPM Politeknik Caltex Riau a.n Panitia DCR 2015 Jl. Umbansari No.1 Rumbai Pekanbaru, Riau 28265, dengan menyertakan fotokopi rapot semester 1-5 yang dilegalisir sekolah, pas foto berwarna 3×4 sebanyak 2 lembar, bukti prestasi (piagam/sertifikat) dan fotocopi kartu keluarga.

Tes tertulis berdasarkan kemampuan akademis di tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan pada 7 Februari 2015. Nama seratus peserta yang lolos seleksi akan diumumkan di media cetak dan online pada 12 Februari 2015. Selanjutnya, pada tingkat Provinsi akan dilaksanakan tes akademis, psikotes, dan wawancara yang dilaksanakan pada 1-2 Maret 2015. Pengumuman rangking pemenang dan inagurasi DCR 2015 akan dilaksanakan pada 3 Maret 2015.(rls/ad)

Posting Terkait