Program Menulis Arab Melayu Praktis Lewat Komputer

525 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemprov Riau tidak akan perlu susah-susah lagi mensosialisasikan menggunakan tulisan Arab Melayu. Sebab saat ini sudah ditemukan program menulis Arab Melayu dengan menggunakan komputer. 

Dengan penemuan baru ini setiap orang yang melek tulisan latin bisa menulis Arab Melayu dengan mudah menggunakan komputer. Ini berkat penemuan Yahya Anak Rainin, Muhammad Arif dan Jelprizon. Ketiganya adalah alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau.

Cara kerja program ini lebih mudah dan sangat familiar dengan masyarakat Indonesia dan pengguna huruf latin. Jenis hurufnya pun lebih beragam dan bisa di-lay out seperti yang diingingkan, kata Ketiga alumnus UIN Suska Riau.

“Kami baru bisa memastikan program ini bisa dijalankan, lolos uji, dan layak dipakai masyarakat umum pada 16 Juni 2006. Memang penemuan ini agak telat kami sampaikan kepada masyarakat umum,” kata Yahya.

Program penulisan Arab Melayu itu mereka beri nama ”Arab Melayu 101”. Program ini bisa dijalankan dengan Microsoft dan Macintosh.

Program yang ada di Microsoft seperti Word, Excel, Powerpoint, Notepad, dos, wordpad, bisa menggunakan penulisan Arab Melayu ini. Namun untuk program Corel dan Adobe, sampai kini masih mereka usahakan.

“Sebenarnya penemuan ini tidaklah murni ciptaan kami 100 persen. Karena, untuk menjalankan program ini kami masih menggunakan fitur-fitur yang ada di Microsoft dan macintosh,’’ kata Yahya merendahkan diri.

Selain itu, Yahya juga mengungkap beberapa kekurangan pada temuan ini. Seperti jenis font yang masih terbatas dan tidak bisa diadaptasi kepada program lain selain Microsoft dan Macintosh tadi.(Ad)

 

Posting Terkait