PT CPI Lakukan Pelatihan Kelistrikan untuk Pemuda Tapung dan Minas

241 views
news190Pekanbaru – Sebanyak 40 pemuda dari Kecamatan Tapung (10), Tapung Hulu (5), Tapung Hilir (5) dan Minas (20) Jumat kemarin (19/1) selesai mengikuti Pelatihan Pemasangan Instalasi Listrik di Politeknik Chevron Riau (PCR), Rumbai, Pekanbaru yang dimulai sejak 19 Desember lalu.

Pelatihan satu bulan penuh tersebut merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) tahun 2006 untuk meningkatkan keterampilan para angkatan kerja tempatan agar memudahkan mereka mencari atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Dalam pelatihan ini setiap peserta dilengkapi dengan seragam kerja dan peralatan dasar untuk pertukangan listrik. Pelatihan diberikan dalam bentuk 60 % praktek di lab listrik dan lapangan, sedangkan 40 % adalah teori kelistrikan dan keselamatan kerja.

Training yang difasilitasi oleh Politeknik Chevron Riau itu terlaksana berkat kerjasama dengan pihak kecamatan dan desa terkait serta pengurus KNPI se-Tapung Raya yang membantu dalam perekrutan peserta.

Dalam sambutannya pada penutupan kemarin, Camat Tapung yang diwakili oleh Jalinus menyampaikan rasa terima kasih kepada CPI dan merasa bersyukur karena dengan bantuan ini pemuda putus sekolah yang mengikuti pelatihan nantinya diharapkan sudah dapat menciptakan lapangan kerja yang baru. “Bantuan ini merupakan bukti nyata bahwa PT. Chevron Pacific Indonesia sangat responsif terhadap lingkungannya terutama daerah sekitar operasi perusahaan, sekaligus ikut membantu mengangkat taraf perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari kecamatan Tapung Hilir dan Minas, Wakil Kepala Dinas Pendidikan Kab Kampar, Kacab. Diknas Tapung, Kepala Sekolah SMA I dan III Tapung. Sementara itu manajemen CPI diwakili oleh Manager Government Relations/Community Engagement (GR/CE) Operation Areas Edwin Abdulmuthalib dan Team Manager GR/CE Minas M. Syarkawi sebagai penanggung-jawab pelatihan. Pada acara yang sama, CPI juga menyerahkan bantuan buku untuk dua sekolah di Tapung yaitu SMA I dan SMA III Tapung masing-masing berupa buku keperluan sekolah senilai Rp16, 2 juta.

Menurut Syarkawi, tahun 2006 lalu GR/CE Minas juga telah menyelenggarakan pelatihan Juru Las untuk 20 orang pemuda se-Tapung Raya dan pelatihan Otomotif dan Mengemudi untuk 20 orang pemuda dari Kecamatan Minas.***

 

Posting Terkait