PWI Cabang Riau Gelar KLW

668 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Riau menggelar Karya Latihan Wartawan (KLW) di Aula Gedung Perpustakaan Soeman HS, Minggu (26/11). KLW kali ini mengusung tema “Dengan Latihan Wartawan Kita Tingkatkan Sumber Daya Wartawan Yang Kompetitif Menuju Pers Yang Profesional”.

Dalam pemaparannya, Ketua PWI Cabang Riau, H. Dheni Kurnia bahwa tidak mudah menjadi anggota PWI saat ini. “Karya Latihan Wartawan (KLW) merupakan syarat untuk bisa bergabung dengan PWI. Selanjutnya setelah mengikuti KLW, peserta dapat menjadi anggota anggota PWI yang dimulai dari anggota muda, anggota madya dan utama”.

“Begitu juga untuk menjadi pemimpin redaksi, anggta harus menjadi wartawan utama yang telah lulus UKW wartawan utama”, lanjut Dheni.

Peserta kali ini dikuti oleh anggota PWI yang telah habis masa berlaku kartu keanggotaannya, bahkan diantaranya adalah pemimpin medianya masing-masing. Peserta KLW kali ini diberikan kemudahan untuk memperbaharui keanggotaan PWI-nya, dengan hanya melalui dua proses saja, yaituK KLW dan UKW. Untuk selanjutnya, persyaratan untuk menjadi anggota PWI dan mendapatkan kartu anggota PWI harus mengikuti seluruh aturan yang diterapkan oleh PWI.

Satria Batubara, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan, dalam materinya menyampaikan, bahwa PWI Cabang Riau siap membela anggotanya terlibat masalah, misalnya kasus Robby dengan oknum TNI AU. “Kami siap mengawal prosesnya sampai dengan pengadilan militer nanti di Medan, Sumatera Utara”, katanya.

“Untuk wartawan yang bukan atau belum menjadi anggota PWI, organisasi hanya turut berpartisipasi mengecam kekerasan yang terjadi terhadap wartawan, sedangkan tindakan hukum baru akan diberkan apabila diminta oleh wartawan yang bersangkutan”, tambah Satria. “Saya mohon kepada PWI Perwakilan agar mengecek dulu kebenaran laporan anggotanya yang terlibat masalah, lihat dulu track recordnya, dan tidak serta merta langsung memberikan statement resmi, agar marwah PWI dapat terus terjaga”.

Wakil Ketua PWI bidang organisasi, Tun Akhyar, mengatakan ada tahapan untuk menjadi anggota PWI. “Anggota Muda harus dijalani selama 2 tahun untuk menjadi anggota biasa. Setiap anggota juga wajib mengikuti testing lanjutan, yaitu UKW, Uji Kompetensi Wartawan”.

Tun juga menyampaian persyaratan pendidikan, “Tahun depan 2013, pendidikan minimal anggota PWI Riau harus S1. Saat ini diutamakan kualitas wartawan. Apa gunanya jumlah anggota ribuan tetapi tidak ada kualitas”.

Seluruh materi yang disampaikan oleh narasumber, harus dirangkum di dalam satu buah tulisan yang harus diserahkan kepada panitia KLW. Ini disampaikan oleh Sekretaris PWI Cabang Riau, Eka Putra. (Tony)

Posting Terkait