RAL Ditambah Dua Armada Pesawat Asal Inggris

134 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk meningkatkan pendapatan dari penerbangan Riau Air Line (RAL) milik pemda Riau, akan dilakukan penambanahan armada bagi maskapai RAL tersebut. Setdaprov Riau, Mambang Mit menegaskan, penambahan armada tentu akan meningkatkan keuntungan bagi RAL. Hingga ditargetkan, RAL setidaknya akan mendapat keuntungan sekitar 25 miliar rupiah pada 2008 ini.

Optimis tersebut bertolak dari keuntungan yang didapat RAL pada 2006 senilai Rp 3 miliar, sedang pada 2007 RAL defident Rp 7 miliar hanya dengan tiga unit armada. Dengan penambahan dua armada lagi untuk RAL, diharap RAL akan meraup keuntungan mencapai Rp 25 miliar tahun ini.

Menurut Mambang, dua unit pesawat baru jenis RJ 100 sebagai tambahan armada bagi maskapai RAL tersebut akan dioperasikan pada April 2008 mendatang. Dengan datangnya dua armada baru ini, akan menambah jumlah pesawat RAL hingga totalnya RAL punya lima pesawat.

Untuk mendatangkan dua pesawat RJ 100 tersebut, RAL sepakat dengan pola sewa beli. Artinya setelah lima tahun mendatang, RAL dipersilahkan membeli kedua pesawat tersebut sesuai ketentuan harga yang telah disepakati.

Dua pesawat yang dibeli berkapasitas besar, yakni 114 tempat duduk dan bermesin jet. Meningkatnya jumlah armada RAL diyakini akan berdampak langsung pada peningkatan keuntungan maskapai yang sahamnya milik Pemprov Riau dan sejumlah pemerintah daerah lain di Sumatera tersebut.

Mambang menjelaskan, penambahan dua pesawat ini telah disepakati atas kerjasama RAL dengan Bank Muamalat sehingga dua pesawat tersebut telah dipesan ke Inggris. “Kita harapkan, bulan April dua pesawat baru kita akan beroperasi,” ujar HR.Mambang Mit Sekda Provinsi Riau kepada wartawan, Kamis (17/1) di kantor Gubernur.(Surya)

Posting Terkait