Ramadhan Bulan Yang Paling Mulia

161 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Malam pertama Ramadhan 1428H/2007M, Kamis (13/9) malam lalu, Bupati Bengkalis H Syamsurizal menunaikan ibadah sholat fardhu isya serta sholat sunat tarawih dan witir bersama jemaah Masjid Istiqomah Bengkalis.

Dalam kesempatan tersebut, sebelum melaksanakan sholat tarawih dan witir, atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah Kabupaten Bengkalis, kepada seluruh masyarakat di daerah ini yang menunaikannya, dalam sambutan singkatnya, Syamsurizal mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.

Kemudian, guna mengingatkan keistimewaan bulan suci Ramadhan kepada jemaah yang hadir malam itu, Syamsurizal juga menyampaikan isi khutbah Rasulullah SAW secara lengkap ketika menyambut bulan penuh berkah itu.

Mengenai kedatangan bulan suci Ramadhan, dalam khutbah tersebut, kata Syamsurizal, Rasulullah SAW mengatakan bahwa Ramadhan merupakan bulan Allah yang membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Pada Ramadhan, hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yg paling utama.

Dalam khutbah itu, imbuh Syamsurizal, Rasulullah juga mengatakan, inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya.

Kemudian, celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu.

Seterusnya, bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Pada bagian lain, terang Syamsurizal, Rasulullah dalam khutbahnya berkata, wahai manusia, siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini, ia akan berhasil melewati Sirathal Mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat. Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Dan, barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakanya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Selanjutnya, sambunt Syamsurizal, Rasulullah mengemukakan, bahwa siapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain. Dan, barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Quran pada bulan-bulan yang lain.

Selain bupati, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalisjuga terlihat turut menunaikan sholat fardhu isya serta sholat sunat tarawih dan witir bersama jemaah masjid Istiqomah Bengkalis di malam pertama Ramadhan itu. Diantaranya, Asisten II H Zakaria Yusuf, Kakan Pertanian H Yahya Eko dan Kabag Perekonomian Yunizar Utama Bakti. Sedangkan santapan rohani pada malam pertama itu, disampaikan mantan Kakandepag Bengkalis yang saat ini menjabat anggota DPRD Bengkalis, H Barmawani KN. (Tony/rls)

 

Posting Terkait