RAPP Latih Petani Semangka

686 views
 Petani Binaan CSR RAPP Mengikuti Pelatihan Budidaya tanaman semangka di BPPUT CSR RAPP Pangkalan Kerinci.

Petani Binaan CSR RAPP Mengikuti Pelatihan Budidaya tanaman semangka di BPPUT CSR RAPP Pangkalan Kerinci.

PEKANBARU (RiauInfo) – Corporate Social Responsibility PT. Riau Andalan Pulp And Paper (CSR RAPP) kembali menggelar pelatihan pertanian Budidaya Tanaman Semangka yang diikuti 17 petani mitra dampingan CSR RAPP dari 7 desa di kabupaten Pelalawan dan Siak. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka oleh Koordinator Program Pertanian CSR, Sundari Berlian, di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) CSR RAPP, Pangkalan Kerinci, Senin (11/1) lalu.

Menurut Sundari Berlian, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan dasar pertanian terpadu yang telah dilakukan CSR RAPP sebelumnya. Peserta pelatihan yang mengikuti pelatihan ini adalah petani mitra dampingan perusahaan yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan yang telah mengikuti pelatihan dasar sistem pertanian terpadu dan sedang melakukan usaha budidaya tanaman semangka.

Pelatihan ini turut difasilitasi petani mitra dampingan CSR yang telah berpengalaman bertahun-tahun dalam usaha budidaya tanaman semangka khususnya semangka non biji, jelas Sundari.

Pada bagian lain, Koordinator Program CSR RAPP di Kabupaten Pelalawan, Mahmud Hasyim, menambahkan, pelatihan ini terdiri atas 85 persen praktek dan 15 persen teori. Dengan metode ini diharapkan seluruh peserta dapat menerapkan dan mengembangkannya di lapangan.

Selanjutnya, setelah selesai pelatihan peserta diberikan bantuan bibit tanaman semangka yang dapat ditanam langsung oleh petani setelah sampai ke desa masing-masing. Adapun peserta pelatihan berasal dari Desa Lalang Kabung (2 orang), Teluk Binjai (4 orang) , Teluk Meranti (4 orang), Pulau Muda (4 orang), Rawang Kao (1 orang), Dayun (1 orang) dan Lubuk Jering (1 orang), jelas Mahmud.(ad/rls)

Posting Terkait