Ratusan Warga Kembung Luar, Bengkalis, Menderita Penyakit Aneh

537 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ratusan warga Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis dalam dua bulan terakhir ini menderita penyakit aneh. Penyakit itu berupa demam panas tinggi dan kemudian diikuti oleh sakit-sakit dan terasa kaku pada setiap persendian. 

Darwis (31) salah seorang warga mengaku dua pekan lalu sempat menderita penyakit itu. Waktu itu dia mengalami demam panas dengan suhu butuh sampai 39 derajat selius. Tidak lama kemudian semua sendi jari tangannya terasa kaku dan sakit luar biasa.

Hanya dalam selang waktu dua hari hampir seluruh anggota keluarganya menderita penyakit yang sama. Waktu itu dia sempat penyakit itu berasal dari kiriman dukun atas suruhan orang yang tidak menyukai dirinya. “Bayangkan saja saya, istri dan dua orang anak saya menderita penyakit yang sama,” ujarnya.

Tapi setelah mengetahui tetangganya juga banyak menderita penyakit yang sama, dia baru menyadari penyakit aneh itu merupakan wabah yang menyerang daerahnya. “Sampai saat ini masih banyak tetangga saya yang terkena penyakit itu, sedangkan keluarga saya alhamdullah sudah sembuh,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Keseatan Bengkalis dr Edi Setiawan mengatakan dugaan sementara penyakit yang diderita warga itu adalah cikungunya yang pernah mewabah di Pekanbaru beberapa waktu lalu. Penyekit ini disebarkan lewat gigitan nyamuk.

Untuk itu, pihaknya beberapa hari terakhir ini sedang berusaha melakukan foging massal guna membaskan nyamuk-nyamuk penyebar penyakit cikungunya itu. Selain itu seluruh warga juga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungannya.(ad)

 

Posting Terkait