Reebok Spartan dan Moon Run 2016 Siap Digelar di Bintan

367 views

JAKARTA (Riauinfo) – Kawasan wisata Pulau Bintan, Kepulauan Riau, terpilih sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga aral rintangan internasional dalam Bintan Reebok Spartan yang akan berlangsung di Lagoi Bay, Pulau Bintan pada 19-20 November 2016 mendatang. Bintan Reebok Spartan yang diselenggarakan oleh Mediacorp (pemilik brand Spartan dan jaringan media terbesar Singapura) ini sebagai rangkaian dari dua pertandingan Reebok Spartan yang sebelumnya sukses digelar di Singapura.
Setelah menggelar Reebok Spartan, Bintan masih dijadikan pilihan untuk acara menarik lainnya, yakni Bintan Moon Run 2016. Olahraga marathon di malam hari itu akan dilangsungkan pada 2 Desember 2016 mendatang, juga di Lagoi Bay, Bintan Resort, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Sekretaris Kementerian pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara mengatakan Kemenpar memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Bintan Reebok Spartan dan Bintan Moon Run 2016 yang diikuti banyak peserta atau wisatawan mancanegara, khususnya dari Singapura.

“Terpilihnya Bintan sebagai lokasi ajang olahraga aral rintangan internasional dan marathon di malam hari semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Banyak event olahraga internasional digelar di Bintan dengan sendirinya akan mendongkrak pariwisata Great Batam/Bintan yang tahun ini menargetkan 2,6 juta wisman,”ujar Ukus Kuswara dalam jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (13/10).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Bupati Bintan Apri Sujadi, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Group Abdul Wahab, Head/VP of Business & Operations Mediacorp Publishing Pte Ltd Lesley Ngai Ma Yin, Marketing Direktor Spartan Race Michael Goodwin, Owner of Firefly Connections Lyndon Yeo, dan CEO PT Stareast Sejahtera Group Edwin Witarsa.

Ukus mengatakan Grewat Batam/Bintan merupakan pintu masuk utama wisman setelah Great Bali dan Great Jakarta yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman, 2,6 juta wisman diantaranya ditargetkan melalui pintu masuk great Batam/Bintan. Terpilihnya Bintan yang beberapa kali sebagai lokasi penyelenggaraan event sport tourism internasional akan mendoorong peningkatan kunjungan wisman. “Penyelenggaraan ajang Bintan Reebok Spartan dan Bintan Moon Run memberi direct impact terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa serta media value yang tinggi. Apalagi sebagai organizer event ini adalah perusahaan jaringan media terbesar Singapura, diharapkan media value akan lebih tinggi,” kata Ukus kuswara.

Lesley Nga Ma Yin mengemukakan, pertandingan Reebok Spartan kali ini akan semakin ketat dan penuh tantangan dengan adanya kategori Spartan Beast yang memiliki rute panjang dan pertama kali dilakukan dalam seri Singapura. Peserta yang telah mengikuti seri Spartan Sprint dan Spartan Super akan memiliki kesempatan untuk memasuki seri Spartan Singapura Trifecta.

Spartan Beast, kata Lesley,  tidak hanya menjadi test ketahanan, kesabaran dan keberanian, namun juga keuletan. Kategori Spartan Beast harus diikuti peserta dengan rute tempuh 21 km dan dipenuhi dengan 35 macam tantangan aral rintangan sebagai akhir yang mesti dilalui dan diselesaikan untuk menuju seri Spartan Singapura Trifecta. 

Sedangkan Spartan sprint berjarak tempuh 6 km dengan total 26 jenis aral rintangan. Kategori pendek ini lebih cocok diikuti oleh atlet dari semua tingkatan stamina ataupun pemula, sebagai ajang explorasi rute dan medan pertandingan.

Mengenai Bintan Moon Run 2016, Bupati Bintan Apri Sujadi menjelaskan olahraga itu adalah marathon di malam hari di pinggiran danau buatan kawasan Lagoi Bay. Olahraga itu digab ungkan dengan rekreasi dan hiburan music festival. Ini merupakan acara pertama kali digelar di Bintan, digelar dalam rangka menarik wisman Singapura sebanyak banyaknya ke Bintan.

Moon Run melombakan lari 10 km sprint untuk peserta dewasa dan 1,3 km untuk peserta anak anak. Acara ini  akan berlangsung pada 3 Desember 2016. “Bintan merupakan destinasi andalan dalam meraih kunjungan wisatawan, terutama wisman dari Negara tetangga Singapura,” kata Apri Sujadi.

Hiburan music yang ditampilkan untuk meenyemarakkan Moon Run 2016 diantaranya adalah kelompok Noah, kemudian The Angel Percussion dan band dari Rusia “Don’t Ask Me Why”. (Herman Ami) 

Posting Terkait