Restoran dan RM Diserbu Pengunjung “Melepas Selera”

123 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sehari menjelang bulan ramadhan 2007, tepatnya hari ini Rabu (12/9), restoran dan rumah makan umumnya di kota Pekanbaru diserbu warga. Akibatnya, banyak restoran dan rumah makan kehabisan stok makanan bagi pembelinya.

Seperti Hendra, warga Panam yang biasa makan di rumah makan kesukaannya mengaku telah kehabisan nasi serta lauknya dan tidak melayani pembeli lagi sejak jam 13.30 WIB tadi. Hendra pergi mencari rumah makan lain di kawasan jalan Pepaya, Pekanbaru, sejumlah rumah makan yang umumnya restoran Padang di jalan ini juga kehabisan jualannya.Terlihat banyak pembeli yang mau makan terpaksa berbalik arah mencari tempat lain. Dari pantauan RiauInfo, di jalan Pepaya ada lima Rumah makan yang sudah tutup dan tidak melayani pembeli lagi sejak pukul 13.30 WIB siang tadi.

Menurut seorang pemilik rumah makan, sehari mau puasa ini memang sebagain restoran dan rumah makan sengaja menyediakan jualan mereka agak sedikit dari hari biasa. Pasalnya, malam nanti akan ada sholat tarawih di setiap masjid dan mushola. Sehingga warga akan sedikit memebeli nasi bungkus atau rames ke rumah makan.

Selain itu, Hendra menilai, begitu cepat habisnya jualan rumah makan ini akibat dari banyak pembeli yang dikatakan “melepas selera”sehari menjelang puasa. Asumsi ini terbukti dari banyaknya kelompok warga baik pemerintahan atau swasta dan warga serta keluarga mereka saling mengadakan acara makan-makan “melepas selera” tersebut.

Seperti di kantor, BIKKB Riau, setiap bidangnya menggelar makan bersama antar pegawai rekan sekerja mereka. Ada yang meggelar makan bersama ini cukup dalam ruangan masing-masing bidang dengan memesan nasi bungkus ke restoran via delivery. Ada yang memilih makan siang bersama langsung ke rumah makan yang disetujui.

Hingga pukul 15.00 WIB, terlihat telah banyak sejumlah rumah makan dan restoran tutup dan tentu saja tidak menerima pembeli lagi.(Surya)

 

Posting Terkait