Riau Akan Kembangkan Program Satu Juta Keramba Ikan

90 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Riau selama ini dikenal memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Bahkan dulu Riau pernah menjadi penghasil ikan terbesar di dunia. Karena itu Pemprov Riau punya rencana akan mengembalikan kejayaan perikanan Riau ini dengan memanfaatkan potensi perikanannya secara optimal.


Salah satu potensi yang akan dimanfaatkan itu adalah sungai-sungai besar sebagai tempat budidaya ikan sistem keramba. Terkait itu, Pemprov Riau akan membentuk tik khusus yang bertugas melakukan percepatan pengembangan program satu juta keramba ikan di seluruh daerah Riau.

Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit kepada wartawan menyebutkan, pengembangan program satu juta keramba itu sangat penting artinya bagi Riau dalam upaya swasembada ikan. Ditargetkan tahun 2014 mendatang Riau akan swasembada ikan, dan diharapkan itu akan terwujud.

Oleh sebab itu, Mambang minta Dinas Perikanan dan dinas terkait lainnya di lingkungan Setdaprov Riau segera berkoordinasi dengan Pemkab Kampar untuk memulai proyek percontohan ini. Kabupaten Kampar dinilai berhasil dalam mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Selasa (18/5) kemaren Mambang Mit berkesempatan menghadiri panen raya ikan pati di Dea Sei Paku, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Dalam kesempatan itu Mambang Mit didamping Bupati Kampar Burhanuddin Husin dan Kepala Dinas Perikanan Riau, T Dahril, serta Kadis Peternakan Patrianov.(ad)

Posting Terkait