Riau Bebas Karhutla Oleh Hujan Tiga Hari Beruntun

460 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah provinsi Riau selamat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam tiga hari beruntun, termasuk Senin (25/08) ini. BMG mendapatkan penyebab hilangnya titik api akibat Karhutla di Riau adalah hujan yang melanda Negeri Lancang Kuning ini dalam tiga hari terakhir. 

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru, peluang hujan itu masih hampir merata terjadi untuk wilayah Riau hari ini. Walau kesempatan hujan turun dalam waktu relatif singkat dan silih berganti, namun masih aman bagi sungai-sungai di wilayah Riau. Dengan kata lain, hujan belum rawan mendatangkan banjir di sejumlah aliran sungai di Riau.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Warih mengatakan, pembentukan awan masih relatif subur di wilayah udara Riau. Sehingga peluang hujan turun akan merata melanda dengan intensitas ringan dan sedang hingga malam ini.

Awan yang sarat dengan hujan tersebut terjadi akibat pergerakan angin yang berpusar dari selatan pulau Sumatera. Namun wilayah provnsi Riau termasuk wilayah fokus perputaran angin tersebut. Sehingga awan akibat pusaran angin sangat mudah menurunkan hujan yang sangat ampuh memadamkan titik api.(Surya)

 

Posting Terkait