Riau Harap Pusat Ikut Evaluasi Penyebab

484 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Saat ini ada beberapa perusahaan minyak di Riau yang beroperasi mengeskploitasi minyak bumi, diantaranya PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Badan Operasi Bersama (BOB), PT Kondur, Medco, dan PT Petroselat. Dari beberapa perusahaan itu, produksi minyak terbesar dilakukan oleh PT CPI. Namun dalam catatan terakhir, produksi minyak beberapa perusahaan tersebut kian menurun.

Menjawab kenyataan ini, pemerintah Provinsi Riau akan melakukan evaluasi kepada semua BUMD-BUMD yang mengekploitasi minyak tersebut. Sehingga dari evaluasi akan diketahui penyebab terjadi penurunan produksi minyak yang terjadi tiap tahun pada lima tahun terakhir di Riau.

“Kita harap pemerintah pusat juga akan ikut serta dalam masalah evaluasi agar penyebab penurunan produksi minyak di Riau akan dapat diketahui serta ditanggulangi bersama,” harap gubernur Riau, HM.Rusli Zainal,SE.MP kepada wartawan, Kamis (29/11) di Pekanbaru.

Menurut Rusli, evaluasi sangat diperlukan dengan bantuan tenaga profesional, baik dari tenaga pusat maupun daerah, hal ini dimaksudkan akan mempermudah penanganan masalah terkait. Selain penanganan bersifat teknis tersebut, Rusli berharap, pemerintah pusat juga harus turun tangan dalam membina BUMD-BUMD di daerah, alasannya pertambangan minyak juga dilakukan pihak BUMN Pertamina.(Surya)

Posting Terkait