Riau Ikut Sponsori Pembuatan Film “Api Revolusi Bela Negara”

504 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tahun ini dipastikan film semi dokumenter berjudul “Api Revolusi Bela Negara” akan rampung menggarapannya. Film yang bercerita tentang perjuangan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) itu juga mendapatkan sponsor dana dari Riau.

Meski sponsor utama pembuatan film ini adalah Departemen Sosial RI, namun tiga provinsi yang menjadi lokasi syutingnya ikut mensponsorinya. Selain Riau, juga provinsi Sumatera Barat dan Jambi yang masing-masing membantu 10 persen dari anggaran.

Lokasi syuting untuk Riau kebagian 22 persen dari seluruh durasinya. Sedangkan selebihnya dilakukan di Sumatera Barat dan Jambi. Lokasi syuting di Riau itu berada di Bangkinang, Teratak Buluh, Rengat, Pekanbaru dan perbatasan Riau-Jambi.

Salah satu adegan yang paling heroik yang diambil di Riau yakni peristiwa pembantaian yang dilakukan penjajah Belanda terhadap 800 orang di tepian Sungai Indragiri. Waktu itu Belanda mendapatkan informasi bahwa Syafrudin Prawiranegara bersembunyi di kawasan itu.

Kamasudra Syafei selaku produser film itu mengatakan, persentase lokasi syuting tersebut hanya berdasarkan lokasi pelarian dari Syaifudin Prawiranegara, tokoh yang menjadi pemimpin PDRI. Kebetulan tokoh itu lebih lama di Sumbar dan Jambi, sehingga lokasinya lebih banyak di kedua provinsi tersebut.(Ad)

Posting Terkait