Riau Kembali Terbanyak Karhutla di Sumatera

255 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorlogi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan jumlah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) meningkat di wilayah pulau Sumatera Rabu (3/12) ini. Rekaman satelit NOAA 18 menunjukkan jumlah titik Karhutla provinsi Riau meningkat dan terbanyak dibanding provinsi lain di pulau Sumatera hari ini. 

Kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 merekam 11 titik Karhutla di wilayah Provinsi Riau hari ini. Jumlah tersebut meningkat dibanding kemarin yang hanya 7 titik api di Riau.

Sedangkan provinsi lain seperti provinsi Jambi dan Sumtera Selatan masing-masing hanya mengalami satu titik kebakaran hutan dan lahan. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan menjadi 13 titik di wilayah Pulau Sumatera.

BMG menilai cuaca cerah berawan serta temperatur tinggi mencapai 34,2 Derjat Celsius menjadi penyebab utama kebakaran hutan dan lahan di Riau. Keadaan cuaca itu juga tidak jauh berbeda dengan sejumlah provinsi yang mengalami Karhutla di Sumatera hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait