Riau Peringkat Ketiga Kelulusan UN

320 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Provinsi Riau meraih ranking ketiga tingkat kelulusan ujian nasional (UN) jenjang pendidikan SMA/MA dari seluruh provinsi di Indonesia. Riau berada di rangking ketiga setelah Bali dan Jawa Barat. Tahun ini tingkat kelulusan Riau 96,86 persen.


Sementara itu untuk Bali, persentase kelulusannya 97,18 oersen dan Jawa Barat 97,03 persen. Sedangkan di urutan keempat adalah Jawa Timur dengan kelulusan 96,69 persen dan posisi kelima Sumatera Utara dengan kelulusan 95,85 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Riau Prof Dr Ir Irwan Effendi kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan bahwa peringkat kelulusan Riau yang berhasil mengalahkan provinsi lain, kecuali Bali dan Jawa Barat itu baru diketahuinya Senin (26/4) malam tadi.

Memang, menurutnya, jika dilihat tingkat persentase kelulusan tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu, Namun secara nasional tingkat kelulusan Riau cukup unggul. “Kita bahkan berada di peringkat ketiga secara nasional,” ujarnya.

Dikatakannya, penurunan yang terjadi saat ini bukan disebabkan kualitas pendidikan di Riau rendah. Buktinya di beberapa kabupaten/kota di Riau masih ada siswa memperoleh nilau sempurna sepuluh dalam mata pelajaran yang di uji dalam ujian nasional.(ad)

Posting Terkait