Riau Prioritaskan Industri Hilir Kelapa Sawit

439 views
Riau Prioritaskan Industri Hilir Kelapa Sawit

Riau Prioritaskan Industri Hilir Kelapa Sawit

JAKARTA (RiauInfo) – Untuk memacu investasi di Provinsi Riau, ada dua program strategis yang sudah disiapkan. Pertama, memaksimalkan Dumai sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK), kedua, menjadikan Riau sebagai salah satu cluster industri hilir kelapa sawit di kawasan barat Indonesia, dimana Dumai dan Kuala Enok sudah ditetapkan sebagai kawasan industri hilir kelapa sawit tersebut.

“Dua program strategis ini sudah kita siapkan dan kita harapkan benar-benar memberikan added value (nilai tambah) bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” ucap Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP saat menjadi pembicara pada acara dialog khusus atau Prime Interview di Metro Tv, Jakarta, Senin (21/6) malam.

Gubri tampil sebagai pembicara bersama Kepala BKPM Gita Wiryawan dengan membahas topik, “Berlomba Menjadi Regional Champions”. Sekedar informasi, BKPM telah menetapkan 7 provinsi sebagai Regional Champions.

Salah satunya adalah Provinsi Riau. BKPM menetapkan 7 provinsi tersebut sebagai Regional Champions dengan berbagai kriteria, misalnya dari sisi kepemimpinan dan kemampuan daerah-daerah tersebut dalam menarik investor.

Gubri menegaskan soal pentingnya investasi bagi kemajuan suatu daerah. Tidak mungkin suatu negara akan maju tanpa adanya investasi. Oleh karena itu, Gubri mengaku sangat apresiatif terhadap langkah-langkah yang dilakukan BKPM, terutama dalam mendorong dan mendukung daerah-daerah untuk mendapatkan investasi.

“Negara manapun tidak akan maju tanpa investasi. Itulah sebabnya, kami juga sangat berharap ada dukungan untuk pembangunan infrastruktur, karena infrastruktur juga sangat penting bagi investasi,” ulas Gubri lagi.

Gubri pada kesempatan itu juga berharap dukungan dari BKPM untuk membangun rail way atau kereta api di Riau, terutama untuk mengangkut kelapa sawit yang sudah luar biasa perkembangannya di Bumi Lancang Kuning. “Kami sangat berharap pembangunan kereta api ini mendapat dukungan dari BKPM,” harap salah seorang Ketua DPP Golkar ini.

Kepala BKPM Gita menyatakan akan mendukung langkah-langkah yang diambil daerah untuk memacu investasi. Itu pula yang menjadi alasan BKPM memilih 7 daerah untuk menjadi Regional Champions. “Harapan saya pada akhirnya nanti semua provinsi jadi Regional Champions,” harapnya.(ad/rls)

Posting Terkait