Riau Siap Jadi Tuan Rumah Islamic Solidarity Games 2013

377 views
BALI (RiauInfo) – Setelah ditetapkan menjadi tuan rumah PON XVIII Tahun 2012, Provinsi Riau menyatakan siap menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games III Tahun 2013. Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal kembali menyatakan kesiapan Riau tersebut di sela-sela acara South East Asia Games Federation (SEAGF) Executive Meeting & Council Meeting, di Bali, Jum’at (25/2).

Acara yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo, Gubernur Sumsel Alex Nurdin dan para peserta dari seluruh negara ASEAN dalam rangka persiapan pelaksanaan SEA Games di Jakarta dan Palembang.

Gubri Rusli sendiri didampingi Ketua harian KONI Riau Syamsurizal, Kepala Badan Promosi dan Investasi Riau Feizal Qumar Karim dan Kepala Biro Humas Sekdaprov Riau Chairul Rizki. Pada kesempatan tersebut, Gubri Rusli juga mengatakan bahwa Riau berkomitmen mensukseskan PON XVIII Tahun 2012 dengan terus melakukan promosi dan menggaungkan PON secara nasional. “Saya turun tangan langsung untuk menggaungkan PON ini secara nasional,” tegasnya.

Lebih jauh, Gubri menyebutkan bahwa untuk memberikan kesan berbeda pada ajang lima tahunan tersebut, Riau mengusung tema “The Green PON,” yakni PON hijau. “Ini dimaksudkan untuk memberi suasana hijau dan kesejukan pada masing-masing venues yang digunakan untuk PON,” terangnya.

Seperti diketahui untuk pelaksanaan PON XVIII Tahun 2012, empat perguruan tinggi di Riau akan dilibatkan, masing-masing Universitas Riau (Unri), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Susqa Pekanbaru.

The Green PON diharapkan dapat berjalan secara lebih modern, aman, dan lancar dalam kerangka catur sukses yang telah ditekadkan, yakni sukses penyelengaraan, sukses prestasi, ekonomi kerakyatan, dan sukses promosi daerah.

Melihat kesiapan Riau untuk PON ini, Pemprov Riau melalui KONI Riau juga telah berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat agar Riau ditetapkan sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games III Tahun 2012 mendatang. ”Kita berharap semua ini akan memberikan kemaslahatan pada masyarakat Riau yang berujung pada kesejahteraan masyarakat,” imbuh Gubri.

Pada acara itu, Pemprov Riau juga menggelar pameran promosi yang memamerkan display foto-foto Main Stadium (stadion utama) dan venues yang akan dipergunakan untuk PON dan Islamic Solidarity Games nantinya.

Selain itu juga dipajang beberapa banner yang memuat foto-foto berbagai fasilitas pendukung seperti hotel, restoran, shopping center, fasilitas keagamaan, dan sebagainya. Tak ketinggalan di salah satu pojok juga ditampilkan pemusik dan penyanyi Melayu tradisional yang membuat suasana jadi lebih hidup. Suasana ini banyak menarik perhatian para peserta pertemuan dari negara-negara Asean. (rls)

Posting Terkait