Riau-Sumbar Bentuk Tim Koordinasi Wilayah Sungai

313 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Provinsi Riau dan Sumbar menyadari pentingnya pemeliharaan sumber air daerah sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Indragiri dan Kampar. Sebab kalau tidak dipelihara dengan baik bisa memberikan dampak yang buru.

Sehubungan hal itu, kedua pemerintah daerah ini telah sepakat untuk membentuk tim koordinasi wilayah sungai. Kesepakatan ini dilakukan karena kedua sungai besar itu mengalir di kedua provinsi, sehingga pemeliharaannya harus dikoornasi oleh kedua daerah.

Pemprov Riau-Sumbar juga telah sepakat untuk lebih meningkatkan lagi pengelolaan sumberdaya air di wilayah masing-masing. Karena dampak dari jeleknya pengelolaan air di wilayah hulu (Sumbar), akan dirasakan oleh masyarakat di bagian hilir (Riau).

Kepala Bappeda Riau Emrizal Pakis mengatakan, pengelolaan sumberdaya air di daerah Sumbar-Riau ke depan harus ditingkatkan terus. DAS Indragiri Kampar yang arealnya merupakan lintas wilayah diperlukan sebuah koordinasi yang lebih intens.

“Masing-masing daerah harus mampu membuat perencanaan yang baik untuk mengelola dan mengembangkan wilayah sungai di daerahnya,” ungkp Emrizal lagi. Jika sungai di hulu rusak akibat berbagai hal, tentu dampaknya juga akan dirasakan daerah hilir.(ad)

 

Posting Terkait