Riau Targetkan Produksi Padi Naik 4 Ribu Ton

269 views

PEKANBARU (RiauInfo): Seringnya terjadi kelangkaan beras nasional membuat Riau berusaha untuk meningkatkan produksi padinya. Untuk tahun 2007 ini ditargetkan produksi padi Riau akan naik menjadi 4 ribu ton. 

Target itu diyakini tercapai karena Dinas Tanaman Pangan Riau telah mempersiapkan lahan-lahan baru untuk dijadikan lagan sawah. Dalam lima tahun mendatanhg saja ditargetkan akan dibuka lahan sawah baru seluas 100 ribu hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Riau, Ir Fauzi Saleh kepada wartawan belum lama ini di Pekanbaru mengatakan saat ini produksi padi Riau memang belum mampu mencukupi keperluan pangan daerah ini sepenuhnya.

Sampai saat ini Riau baru mampu memproduksi padi sebanyak 268.028 ton setahun, hasil pendataan tahun 2005. Sedangkan untuk tahun 2006, kendati ada peningkatan namun tak signifikan.

Sementara itu total kebutuhan padi Riau saat ini mencapai 570.237 ton. Dengan demikian, maka Riau masih kekurangan padi sebanyak 302 209 ton setiap tahunnya.

Makanya tiap tahun ditargetkan produksi padi Riau dapat meningkat. Menurut Fauzi, pihaknya setelah menargetkan secara terkoordinasi dengan Departemen Pertanian, menargetkan kenaikan sebanyak 4 ribu ton produksi padi pada tahun 2007 ini.(Ad)

 

Posting Terkait