Riaupulp Serahkan Beasiswa dan Honorarium Guru Senilai Rp. 1,3 Miliar

607 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Komitmen dan kepedulian PT. Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp) dalam bidang pendidikan dengan tiada henti terus dilakukan. Keprihatinan dan kesulitan yang sedang dihadapi dalam menjalankan operasional akhir-akhir ini tidak menghalangi Riaupulp dalam mewujudkan tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). 

Setelah meresmikan pemakaian SMA Plus Taruna Andalan yang dipersembahkan Riaupulp kepada dunia pendidikan di Kabupaten Pelalawan beberapa hari lalu, komitmen dan kepedulian dalam bidang pendidikan selanjutnya yang dilakukan Riaupulp adalah penyerahan beasiswa kepada 402 siswa SD/SMP/SMA dan perguruan tinggi dan bantuan honorarium kepada 200 guru honorer yang tersebar di 6 kabupaten/kota di Propinsi Riau (Pelalawan, Siak, Kampar, Indragiri Hulu, Kuansing dan Pekanbaru) dengan total bantuan sebesar Rp. 1,3 Miliar.

Acara penyerahan beasiswa dan bantuan honorarium guru honor Riaupulp ini dilakukan, di Gedung BPPUT (Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu) Riaupulp, Pangkalan Kerinci, Kamis (7/8), dihadiri Asisten I Pemkab Pelalawan, Azril Ismail, Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Riau, HM Wardan, penerima bantuan beasiswa dan honorarium guru honorer, orang tua siswa, kepala sekolah, guru dan Manajemen Riaupulp antara lain Direktur CSR Riaupulp Amru Mahalli, Public Relations Manager, Nandik Sufaryono, Ketua YKCK Riaupulp, Bumantara Gani, PR Coordinator Salomo Sitohang, Campus Relations Head, Samsurya M Hasyim dan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur CSR Riaupulp Amru Mahalli mengatakan, penyerahan bantuan beasiswa kepada siswa berprestasi dan kurang mampu serta honorarium kepada guru honorer di daerah terpencil ini adalah wujud komitmen dan kepedulian Riaupulp dibidang pendidikan dalam upaya ikut serta membangun dunia pendidikan dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat Riau khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Walaupun sedang menghadapi masa-masa sulit terutama dalam menjalankan operasional perusahaan, kepedulian ini akan terus dilakukan Riaupulp secara berkesinambungan dimasa mendatang seiring komitmen pendiri Riaupulp, Sukanto Tanoto, yang senantiasa menegaskan A good business must be be good for country, community and business itself.

Tentunya, dukungan dan kerjasama semua pihak terutama pemerintah dan seluruh komponen masyarakat lainnya sangat diharapkan Riaupulp dalam menjalankan misi tersebut. Hal ini seiring tekad Riaupulp untuk Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat, tegas Amru.

Kadisdiknas Propinsi Riau, HM Wardan, dalam sambutannya menyambut baik program peduli pendidikan yang dilakukan Riaupulp dalam rangka ikut serta meningkatkan mutu pendidikan dan SDM di Provinsi Riau. Pemerintah melalui Dinas Pendidikan merasa bangga dan berterima kasih atas kepedulian Riaupulp. Menurut Wardan, apa yang dilakukan Riaupulp ini sangat mendukung dan membantu program K2I pemerintah Propinsi Riau terutama dalam hal pengentasan kebodohan.

Menurutnya, tanggungjawab bidang pendidikan tidaklah semata-mata hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja melainkan juga partisipasi dan keikutsertaan segenap komponen masyarakat dan dunia usaha. Melalui sinergi segenap komponen tersebut, percepatan pengembangan dunia pendidikan di Riau niscaya akan dapat terwujud. Semoga kepedulian Riaupulp ini dapat terus dilakukan dan sejalan dengan program Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Riau.” Ujarnya.

Sementara Asisten I Sekdakab Pelalawan, Azril Ismail, menyampaikan terima kasih dan mendukung sepenuhnya pemberian beasiswa dan bantuan honorarium kepada guru honorer kepada masyarakat di sekitar perusahaan. Riaupulp telah menunjukkan kepeduliannya dalam membantu peningkatan kualitas SDM Riau, kususnya juga Kabupaten Pelalawan. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kualitas SDM dan mutu pendidikan, ujarnya.

Dibagian lain, Campus Relation Head Samsurya M Hasyim, memaparkan, beasiswa yang diberikan Riaupulp tahun 2008 ini meliputi; SD (200 orang) Rp. 600.000.-/orang/tahun, SMP (100 orang) Rp. 900.000.-/orang/tahun, SMU (50 orang) Rp. 1.200.000.-/orang/tahun, S1 (47 orang) Rp. 7.000.000.-/orang/tahun dan beasiswa ikatan dinas Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) Bandung setara dengan D3 umum (5 orang) Rp. 14.460.000.- /orang/tahun (ditambah 10 orang angkatan 2006 dan 15 orang angkatan 2007) termasuk didalamnya biaya SPP, uang saku bulanan, pemondokan dan transportasi. S

edangkan bantuan honorarium untuk guru honorer (200 orang) Rp. 2.400.000.-/orang/tahun. Selain beasiswa dan honorarium guru honorer, Riaupulp juga memberikan kesempatan untuk melakukan praktek kerja lapangan, magang, penelitian, skripsi, tesis dan desertasi kepada siswa dan mahasiswa Riau dengan jumlah 250 orang pertahun.

Total bantuan beasiswa dan bantuan honorarium guru honorer tahun 2008 yang diberikan Riaupulp sebesar Rp. 1.314.200.000.- (satu miliar tiga ratus empat belas juta dua ratus ribu rupiah). Penerima bantuan beasiswa ini tersebar di 6 Kabupaten/Kota di Riau antara lain, Kabupaten Pelalawan 25 desa, Kuantan Singingi 28 desa, Kampar 18 desa, Siak 11 desa, Indragiri Hulu 13 desa dan Kota Pekanbaru 3 kelurahan. Sedangkan guru honorer tersebar di Kabupaten Pelalawan 27 desa, Kuantan Singingi 32 desa, Kampar 11 desa, Siak 15 desa, Indragiri Hulu 13 desa dan Kota Pekanbaru 3 kelurahan. jelasnya.(ad/rls)

 

Posting Terkait