Robot “Rasyid” Dapat Perhatian Khusus dari Gubri

334 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Peragaan Iptek yang digelar Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Riau dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-13 di halaman Kantor Gubernur Riau mendapatkan perhatian besar dari pelajar. 

Menjelang pembukaannya yang dilakukan Gubernur Riau Wan Abubakar, Senin (25/8) stand Peragaan Iptek itu sudah dipenuhi ratusan pelajar. Mereka menyaksikan berbagai penemuan teknologi yang dipamerkan oleh peserta Peragaan Iptek.

Politeknik Caltex Riau (PCR) yang dalam Peragaan Iptek ini memamerkan robot “Rasyid” yang pernah menjadi jawara di Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) paling banyak mendapatkan perhatian. Tidak hanya para pelajar, Wan Abubakar usai membuka Peragaan Iptek itu cukup terkesima dengan kemampuan robot itu.

“Saya dapat informasi robot ini sangat efektif dalam memadamkan kebakaran. Ini tentunya penemuan teknologi yang sangat penting bagi Riau, meningkat sampai saat ini Riau selalu dihadapkan masalah kebakaran lahan dan hutan,” ungkap dia lagi.

Selain menampilkan robot “Rasyid” PCR juga menampilkan teknologi CCTV hasil karyawa mahasiswanya. CCTV ini menggunakan kamera sederhana yang dihubungkan ke monitor televisi. “Saya cukup bangga melihat kreatifitas anak-anak sekarang,” tambahnya.

Dalam Peragaan Iptek ini SMUN 2 Bangkinang juga menampilkan robot mungil yang dapat bergerak maju-mundur ke kiri dan ke kanan. Selain itu juga ditampilkan teknologi pemantau banjir yang juga mendapatkan perhatian dari pengunjung.(Ad)

Posting Terkait