Rumah Sakit Pekerja Belum Bisa Berfungsi

134 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Rumah Sakit Pekerja yang saat ini telah berdiri megah di Jalan Soetomo Pekanbaru belum bisa difungsikan. Hal ini disebabkan karena belum datangnya peralatan kesehatan untuk digunakan di rumah sakit itu. 

Secara umum, pembangunan RS Pekerja yang dibangun dengan dana Rp42 miliar ini sudah selesai. Bangunan fisiknya menurutnya, secara fisik sudah oke. Adapun untuk peralatan medis ini, sebenarnya sudah ada ‘modal’ awal, yakni dari APBN sebesar Rp 1,8 M. Selain itu ada lagi sebesar Rp500 juta dari Jamsostek.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Riau, Drs Asral Rachman, rumah sakit itu belum bisa difungsikan dalam waktu dekat. Penyebabnya adalah belum adanya alat-alat kesehatan yang representatif. “Namun kita usahakan tahun ini juga sudah bisa difungsikan,” ujar Asral.

Dikatakannya, RS Pekerja ini embrionya berasal dari RS di Petala Bumi, dan bisa dibicarakan lagi untuk dapat didudukkan lagi.

Dia mengatakan, ada kemungkinan pihaknya akan mengadakan alat-alat kesehatan dengan melakukan peminjaman dana dari Jamsostek. Dana itu akan dipergunakan untuk membeli alat-alat kesehatan.

”Kemungkinan kita akan pinjam sekitar Rp20 miliar. Memang secara keseluruhan perlu sekitar Rp60 M, namun untuk bisa berfungsi kemungkinan cukup Rp20 miliar,” ujarnya.

Ditanyakan tentang sumber daya manusia (SDM), dikatakannya, pihaknya sedang mengusahakan untuk pengangkatan PNS. Akan tetapi ini tentunya tak mudah dan perlu berkoordinasi lagi dengan pihak Diskes, juga pemerintah pusat.(Ad)

Posting Terkait