Rusli Suka Bahasa Indikator Pembangunan di Media

95 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Opini Publik ada ditangan pers. Selain sebagai kontrol sosial, pers merupakan unsur pembangunan bagi suatu negeri. Hal ini jadi perhatian gubernur Riau yang saat ini tengah mengahadapi tantangan media yang relatif pesat saat ini.

“Tidak sedikit negara yang lebih tidak aman, tidak kondusif dibanding negeri kita. Namun saya mendapatkan pers mereka mampu mengelola opini publik sehingga keadaan kondusif dimata dunia. Investor dan wisatawan pun tetap berdatangan ke negara mereka,”ungkap Rusli saat temu ramah dengan segenap pengurus Serikatan Penerbitan Suratkabar Riau, Jumat (18/04) di Pekanbaru.

Dalam paparannya, Rusli Zainal yang baru saja mendapat Pena Mas dari PWI ini mengibaratkan bahasa yang membangun tersebut sering juga diterapkannya dalam berbagai konferensi. Bahasa yang menjurus pada indikasi keadaan yang kondusif tersebut masih bisa ditemui di bebrapa media di Riau.

“Seperti lampu mati tadi ya, mungkin saya tidak akan memilih ucapan listrik kurang di Riau, namun lebih terarah pada ungkapan pemakaian listrik di Riau kian meningkat akibat pesatnya pembangunan di sini,”ungkap Rusli derngan senyum simpulnya yang diikuti hadirin dari berbagai kalangan media.

Rusli menunjuk satu pemberitaan seperi flu burung belakangan ini. Dimana satu pekan yang lalu media telah menggelembungkan di Riau masih ada suspek penyakit ini. “Hari ini pasien tersebut terbukti telah negatif flu burung. Namun opini terlanjur terbentuk Riau Flu Burung,”ujar Rusli mengulum senyum.

Namun Rusli mengucapkan sangat berterimakasih atas kerjasama media selama ini yang telah ikut serta membantu mengkomunikasikan pembangunan Riau. Temu ramah ini dihadiri segenap pengurus SPS Riau dan tokoh pers Riau seperti Moeslim Kawi.(Surya)

 

Posting Terkait