Sambut Positif Difilmkannya Perjuangan Riau

496 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Adanya wacana untuk mendokumentasikan sejarah perjuangan melawan belanda di Provinsi Riau disambut positif oleh sejarawan di Provinsi Riau salah satunya Prof Dr Suwardi MS. Pasalnya hal ini menjadi suatu yang dapat dibanggakan. 

“Saya menyambut positif kalau sejarah perjuangan di Provinsi Riau ini di
dokumenatsikan dalam bentuk film dokumenter. Setidaknya ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat,”ungkapnya kepada wartawan di Kantor Gubernur Riau, Selasa (29/5).

Menurut Suwardi, terutama sekali bagi genarasi muda yang ada di Provinsi Riau ini. Sebab barangkali masih banyak para pemuda atau generai muda yang malas membaca buku sejarah perjuangan. Bahkan katanya buku sejarah perjuangan ini tidak pernah dibaca sama sekali.

“Coba kita lihat saat ini masih ada saksi hidup yang dapat dijadikan nara sumber dalam pembuatan film tersebut. Disamping itu sumber lainnya juga ada yang dapat dijadikan pendukung, seperti buku sejarah perjuangan Riau. Memang kita telah dokumentasikan sejarah perjuangan di Riau,” katanya.

Diterangkannya, ada beberapa peristiwa yang sangat menarik dimunculkan dalam film tersebut, seperti peristiwa pertempuran di Tanjung Kilang Kabupaten Indragiri Hilir.

“Saya rasa peristiwa seperti ini dapat diangkat ke Tingkat Nasionan. Hal ini dikarenakan banyak memakan korban jiwa,” katanya sembari berharap film ini dapat terealisasikan. (dowi)



Posting Terkait