Sampai Akhir Januari Curah Hujan di Riau Masih Tinggi

498 views

Pekanbaru -Curah hujan dengan intensitas yang tinggi diperkirakan masih akan terjadi di Riau sampai akhir bulan Januari mendatang. “Kita perkirakan curah hujan yang rata-rata tingginya mencapai 200-300 mili liter akan terjadi di Riau sampai akhir bulan Januari ini,” kata Kepala Balai Meteorologi dan Geofisika (BMG) Riau Blucher Doloksaribu di Pekanbaru, Rabu (3/1). 

Curah hujan yang tinggi itu akan berpindah dari Kampar ke Indragiri dan selanjutnya akan terus ke Jambi dan Pulau Jawa. “Awalnya memang di Kampar, sehingga terjadi banjir besar di Kampar. Saat ini berpindah ke Indragiri. Setiap saat ia akan turun makin ke bawah,” jelasnya.

Menurut Doloksaribu seharusnya curah hujan yang tinggi itu akan terjadi pada bulan November lalu. Namun karena terjadi El Nino dimana air laut di pasifik panas dan terangkat sehingga curah hujan baru terjadi sekitar bulan Desember 2006 sampai Januari 2007. “Masyarakat diminta selalu waspada karena curah hujan cukup tinggi diperkirakan masih terjadi sampai akhir Januari mendatang,” katanya.

 

Posting Terkait