Sebelum PON, Jembatan Siak IV Ditargetkan Rampung

241 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Menjelang pelaksanaan PON 2012 mendatang ditargetkan Jembatan Siak IV akan rampung. Pihak Jepang sudah mengirim utusan untuk melihat proses pembangunannya, dan pemerintah Jepang memandang bantuan untuk pembangunan jembatan ini menjadi prioritas utama.


“Memang benar, Jepang sudah menyatakan akan memprioritaskan pembangunan jembatan ini. Kita berharap dalam waktu dekat bantuan dari Jepang ini akan segera mencair,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Riau, Firdaus kepada wartawan di Pekanbaru.

Firdaus menyebutkan untuk membangun jembatan ini diperlukan anggaran sebesar Rp385 miliar. Dari APBD Riau 2009 sendiri sudah dianggarkan dana sebesar Rp10 miliar yang digunakan untuk pembangunan tiang pancang pilar.

Untuk saat ini pemasangan tiang pancang sudah dilakukan sebanyak tiga pilar, dan sekarang sudah memasuki pemancangan pilar keempat. “Jadi untuk pekerjaan pemasangan tiang pancang sudah rampung sebesar 54 persen, dan ditargetkan akhir tahun depan sudah selesai keseluruhannya,” ungkap dia.

Untuk tahun 2010 mendatang Pemprov Riau juga memasuki anggaran untuk pembangunan jembatan, hanya saja nilainya belum diketahui. “Kita memang sangat berharap menjelang PON 2012 mendatang jembatan ini sudah rampung dibangun,” jelasnya.(ad)

Posting Terkait