Seharian Kota Bertuah Cerah dan Gerah

168 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejak pagi hingga malam ini cuaca kota Bertuah cerah dan banyak warga merasa gerah. Menurut laporan BMG Pekanbaru, suhu udara jika keadaan di Pekanbaru secerah siang tadi berkisar 33′ hingga 35′ celsius.

Meski beberapa hari sebelumnya menurut pantauan satelit, BMG Pekanbaru melaporkan sejumlah daerah di Riau rawan hujan pada sore dan malam hari, salah satunya adalah kota Pekanbaru, namun sejak sore hinga malam ini keadaan kota Bertuah cerah dan dirasa gerah oleh warga.

Menurut nalisa satelit, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melansir, hujan akan terjadi pada malam hari mencakup satu malam hingga subuh. Jika hujan belum turun sejak sore hingga tengan malam, daerah rawan hujan yang hari ini cerah tidak tertutup kemungkinan hujan akan turun pada rentang waktu tengah malam hingga paginya.

Sedang jika hujan tersebut turun dan relatif lebat, maka kabutpun akan terlihat sejak subuh menutupi pandangan yang biasanya akan berlangsung 1 hingga tiga jam.

“Kabut pada pagi hari yang kadang dilihat oleh warga terjadi akibat penguapan. Penguapan dihasilkan oleh hujan pada malam harinya,sedang siangnya cuaca panas seperi hari ini. Sehingga udara dingin akibat hujan menjadikan penguapan panas bumi hingga terbentuklah kabut. Dan kabut ini akan hilang sendiri setelah terbitnya matahari,”terang Kepala Kelompok Analisa BMG Stasiun Pekanbaru Yohanes Drajad Bintoro.(Surya)

Posting Terkait