Seismic Program PT KPSA Di Bengkalis Terbaik

284 views

Bengkalis – General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA), Christian Ponto mengatakan, berkat dukungan yang diberikan masyarakat, kegiatan Seismic Program (pencarian kandungan potensi minyak dan gas) di pulau Bengkalis yang dilaksanakan PT KPSA dapat diselesaikan lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.


Bukan itu saja, berkat bantuan yang diberikan masyarakat, kegiatan Seismic Program (SE) di pulau Bengkalis yang merupakan proyek percontohan nasional ini, menurut pengakuan General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA), merupakan yang terbaik pelaksanaan dari kegiatan serupa yang pernah dilakukan dimana pun di Indonesia.

Hal ini dikemukakan General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA) pada acara Closing And Apreciation Of 2 Dimension Seismic Activities On Bengkalis Island atau penutupan SE yang dilaksanakan PT KPSA di pulau Bengkalis. Selain dihadiri Bupati Bengkalis H Syamsurizal, kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Selasa (12/12) kemarin itu, juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis Bagus Santoso.

“Untuk itu, dalam berbagai kesempatan yang membicarakan masalah SE hal ini akan kita sosialisasikan agar dapat dicontoh dan dilaksanakan dalam kegiatan serupa di tempat dan perusahaan lain,” janji General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA) seraya mengatakan, berkat dukungan masyarakat, jadwal pelaksanaan SE di pulau Bengkalis ini dapat dipercepat.

Ditambahkan General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA), menurut perkiraan manajemen PT KPSA, kegiatan SE di pulau Benglkalis yang mulai Juni 2006 lalu itu baru akan selesai akhir Desember 2006. “Namun berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan seluruh lapisan masyarakat, kegiatan ini dapat diselesaikan lebih cepat, yaitu pada awal Desember,” imbuh General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA) sembari mengatakan dalam SE ini tidak terjadi kecelakaan atau zero accident .

Selanjutnya, General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA) juga menjelaskan, kegiatan SE ini akan segera ditindaklanjuti dengan penentuan lokasi pengeboran. Akan tetapi, General Manajer PT Kondur Petroleum S.A (PT KPSA) belum dapat memberikan gambaran waktu kapan hal itu dilaksanakan.

Pada bagian lain, dalam laporan, Exploration Manager PT KPSA Benny Yunus selaku Ketua Tim SE di pulau Bengkalis, menjelaskan bahwa selama SE berlangsung PT KPSA juga melaksanakan berbagai kegiatan Community Develovment (CD) atau pemberdayaan masyarakat.

“Diantaranya pengobatan massal gratis di empat desa di Kecamatan Bantan, pembagian minyak tanah saat festival lampu colok pada penyambutan Idul Fitri 1427 H, pembuatan lima buah sumur bor serta turut menyemarakan pelaksanaan kegiatan pesta pantai di pantai Selatbaru,” terang Benny.

Sementara itu, ketika memberikan sambutan, Bupati Bengkalis mengemukakan, bahwa kekayaan sumberdaya alam yang dimiliki kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini tidak mungkin dapat dioptimalkan pemanfaatannya tanpa adanya keterlibatan pihak swasta seperti PT KPSA ini.

“Banyak faktor mengapa hal itu tidak mungkin hal ini dapat dilakukan. Selain sumberdaya manusia yang dimiliki terbatas, anggaran yang tersedia juga tidak mencukupi. Karena anggaran yang ada diperuntukkan untuk berbagai bentuk pelayanan masyarakat, seperti pembangunan infrastruktur,” kata Bupati Bengkalis.

Kemudian, terkait adanya berbagai program CD berbagai perusahaan yang ada di daerah ini sebagaimana yang dilaksanakan PT KPSA tersebut, ke depan Bupati Bengkalis berharap agar hal itu dapat disatukan dengan kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Bengkalis. “Sehingga hasilnya lebih berdaya dan berhasil guna,” harap Bupati Bengkalis sembari berharap tindaklanjut dari SE di pulau Bengkalis oleh PT KPSA ini dapat segera ditindaklanjuti ke tahap berikutnya. “Kita harapkan secepatnya direalisasikan,” imbuh Bupati Bengkalis.***

Posting Terkait