Sejumlah Ruas Jalan di Pekanbaru Jadi Langganan Macet

492 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tingginya mobilitas warga Pekanbaru menjelang bedug berbuka puasa menyebabkan sejumlah ruas jalan di Pekanbaru macet. Jalan-jalan yang menjadi langganan macet itu antara lain Jalan Riau, Jalan Hangtuah, Jalan Harapan Raya, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Yos Sudarso, dan beberapa ruas jalan lainnya.

Berdasarkan pengamatan RiauInfo, selama bulan Ramadhan ini, jalan-jalan tersebut mulai mengalami kemacetan pada pukul 17.00 Wib yang berakhir pada pukul 18.30 Wib. Kemacetan tersebut disebabkan banyaknya masyarakat keluar rumah untuk membeli keperluan berbuka puasa di sejumlah pasar kaget Ramadhan yang ada di kota ini.

Seperti yang terjadi Selasa sore (18/9) tadi di Jalan Hangtuah, kemacetan tersebut telah membuat kendaraan roda empat terpaksa berjalan beringsut-ingsut, terutama saat berada di depan Pasar Sail, yang merupakan tempat terpadat di ruas jalan ini karena adanya Pasar Ramadhan di tempat ini.

Tika (32) warga Jalan Bambu Kuning mengatakan dia sempat terjebak macet di jalan ini lebih dari setengah jalam sehingga membuat dia terlambat berbuka di rumah. “Gara-gara macet saya sampai di rumah sesudah azan magrib, sehingga terpaksa berbuka di dalam mobil. Untung aja saya sempat mampir di Pasar Sail membeli makanan untuk berbuka puasa,” ujarnya.

Menurut Tika, selama Ramadhan ini jalan di depan Pasar Sail memang sering macet. Meskipun ada beberapa petugas Polantas mengatur arus lalu lintas, namun kemacetan tidak bisa dielakkan. “Tempat itu memang langganan macet, karena arus lalu lintasnya sangat ramai, ditambah lagi adanya Pasar Ramadhan,” jelasnya lagi.

Sementara itu Bambang warga Limbungan Rumbai juga mengeluhkan kemacetan yang sering terjadi di ruas Jalan Riau dan Jalan Yos Sudarso. “Selama Ramadhan ini bila sore hari jalan-jalan ini selalu macet, sehingga saya sering terlambat berbuka puasa di rumah,” ungkap ayah dari 3 orang anak yang bekerja sebagai PNS ini.

Dikatakannya, jika berada di Jalan Riau sudah diatas pukul 17.00 Wib, jangan harap bisa sampai di rumah sebelum bedug berbuka puasa. “Sebab kita melewati dua ruas jalan yang sedang macet yaitu jalan Riau dan jalan Yos Sudarso,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait